Arti Logo Yayasan Fathul Ulum Madiun

Arti Lambang Logo Yayasan Fathul Ulum Madiun



1. Globe (Bola dunia)

Globe atau bola dunia melambangkan bumi atau tempat manusia hidup untuk mencari kehidupan yaitu dengan berjuang, beramal dan berilmu. Bumi mengingatkan bahwa manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah serta dikeluarkan dari tanah pada hari kiamat.

 

2. Peta Indonesia

Peta Indonesia yang terlihat pada Globe (Bola Dunia). Peta Indonesia tersebut melambangkan bahwa Fathul Ulum berasal dan berdiri di Indonesia dan berorientasi menyebarkan Ilmu seantero dunia.

 

3. Bintang

Bintang bersinar terang yang berada di atas adalah lambang nabi Muhammad yang di kelilingi sinar yang berjumlah 24 sebagai jumlah nabi yang diutus di muka bumi, memberikan isyaroh bahwa keberadaan nabi Muhammad adalah sayyidul Anbiya' wal Mursalin.

Untuk empat bintang di kanan melambangkan kepemimpinan Khulafaur Rasyidin, yaitu Abu Bakar Siddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Tholib, sedangkan empat Bintang di kiri melambangkan empat madzhab yang menjadi rujukan, yaitu Imam Hanafi, Iman Maliki, Imam Syafi'i dan Imam Hambali. Sedangkan total keseluruhan bintangnya adalah 9 (Sembilan) yang melambangkan Wali Songo yang menjadi latar belakang tersebarnya Islam di tanah Jawa.

 

4. Warna

Warna dasar hijau, yaitu melambangkan kesuburan tanah air Indonenesia yang merupakan asal muasal tumbuh dan berkembangnya Fathul Ulum Madiun.

Warna Kuning berarti kejayaan, kebesaran, kesejahteraan, kebijaksanaan dan kecerdasan.

Warna Merah melambangkan keberanian dalam menampakkan kebenaran.

Warna Putih berarti kemurnian, kebersihan, kesucian dan keikhlasan.

Warna Hitam berarti kekuatan dan ketegasan.

 

5. Kubah, Menara, Masjid dan Kitab

Kubah dan Masjid adalah lambang Misi Penyebaran Agama Islam dan sebagai simbul tempat yang suci.

Atap masjid yang berjumlah 3 tingkat dan kubah mengisyaratkan tingkatan seseorang untuk bisa wushul ilallah harus melalui tahapan syariat, thariqoh, haqiqat dan akan berada di puncak ma'rifat.

Pintu masjid terbuka dan jumlahnya ada tiga mengisyaratkan bahwa terbukanya ibadah tidak mengenal waktu dan terbuka untuk semua sisi.

Menjulangnya menara ke atas merupakan lambang bahwa ilmu mempunyai derajat yang tinggi dan disebarkan dari arah yang tinggi pula sehingga jangkauannya semakin luas.

Kitab yang terbuka melambangkan terbukanya cakrawala ilmu dengan cara membaca, garis empat pada sisi kanan kitab melambangkan rujukan dalam agama Islam yang hanya dibatasi pada Al-qur'an, Al Hadits, Ijma' dan Qiyas.

Sedangkan garis-garis di sisi kiri kitab yang berjumlah tujuh dan memenuhi halaman kitab berarti;

Tujuh yang dalam bahasa Jawa Pitu (pitulungan) cara mendapatkan ilmu itu murni pemberian dari Allah semata dan harapan yayasan ini selalu mendapatkan pertolongan Allah dalam semua aspeknya, sedangkan makna dari garis-garis yang memenuhi halaman sisi kiri kitab; melambangkan pengetahuan yang harus selalu digali dan dikembangkan hingga tidak akan pernah bisa ditulis walaupun menghabiskan lautan tinta.

 

Sehingga nama yayasan Fathul Ulum adalah pembuka segala ilmu, baik Ilmu Agama dan maupun Ilmu Dunia yang berarti Pembuka Ilmu Agama dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Sains Dan Teknologi.


Posting Komentar untuk "Arti Logo Yayasan Fathul Ulum Madiun"