Menutup Telinga Saat Adzan



Pertanyaan dari nomer ponsel+62 823-0241-55xx
Assalamualaikum ustad, sebelumnya maaf mengganggu waktunya. Saya mau nanya, kenapa seorang yang adzan, telinganya ditutupi sebelah dengan tangannya?. Terimakasih ustad, mohon penjelasannya🙏🏻

Jawaban:
Wa'alaikumus salam wr.wb
Memasukkan kedua jari telunjuk yaitu pucuknya, kedalam dua lubang telinga. Tujuannya agar suara bisa terkumpul dan orang yang tuli dan jauh bisa mendengarkan. Sejarahnya adalah telah shahih bahwa bilal melakukan hal itu di hadapan nabi shollallohu alaihi wasallam.
Kesunahan menutup tersebut hanya pada waktu adzan saja bukan ketika iqomah.
Adapun Ilat kesunahannya adalah ablaghu fi rof'is shauti al mathlub fil adzan dan dizaman sekarang ilat itu terbantu dengan adanya pengeras suara.

Refrensi :

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين جزء ١ صفحة ٢٧٤
)وجعل مسبحتيه بصماخيه) في الاذان دون الاقامة، لانه أجمع للصوت

)قوله: وجعل مسبحتيه الخ) معطوف على تثويب أي وسن جعل مسبحتيه - أي طرفهما - في صماخية - أي خرقي أذنيه - لما صح من فعل بلال ذلك بحضرة النبي - صلى الله عليه وسلم -.(قوله: لأنه أجمع للصوت) أي لأنه أبلغ في رفع الصوت المطلوب في الأذان أي ولأنه يستدل به الأصم والبعيد.

إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين جزء ١ صفحة ٢٧٤
قال شيخنا إن أراد رفع الصوت به وإن تعذرت يد جعل الأخرى أو سبابة سن جعل غيرها من بقية الأصابع

Syaikhuna (Ibnu Hajar Al-haitamy) mengatakan bahwa yg demikian itu (meletakkan telunjuk jari ke lubang telinga) kalau ia bermaksud mengeraskan suaranya. Kalau tangan (kedua telunjuknya itu sulit diangkat karena lumpuh dan sebagainya, contoh tangan satunya memegang mix), mka menggunakan tangan yang lain atau dengan sebuah telunjuk saja. Dengan demikian, meletakkan jari-jari lainnya selain telunjuk adalah sunnah.

Dalam redaksi kitab lain juga sama



نهاية الزين
)وجعل مسبحتيه ) أي أنملتهما ( بصماخيه ) لأنه أجمع للصوت ويعرف به الأذان لصمم أو بعد ولو تعذرت يد واحدة جعل الأخرى أو سبابتهما جعل غيرهما من بقية أصابعه


Posting Komentar untuk "Menutup Telinga Saat Adzan"