Download PDF Amalan dan Doa Nisfu Sya’ban Untuk Imam

Potret Santri - Malam Nisfu Syaban adalah salah satu malam mulia di bulan Syaban yang dinantikan umat Islam. Berikut pengertian dan amalan yang bisa dikerjakan di malam Nisfu Syaban. Lantas, apa itu malam Nisfu Syaban dan apa saja amalan yang bisa dikerjakan pada malam tersebut? Berikut penjelasannya.

Pengertian Malam Nisfu Syaban

Dikutip dari laman resmi NU, Nisfu Syaban merupakan salah satu hari atau malam yang istimewa. Hal ini karena pada malam tersebut, diyakini semua dosa akan dihapuskan bagi mereka yang memohon ampun.

Adapun malam Nisfu Syaban adalah malam 15 Syaban. Hal ini sejalan dengan arti Nisfu dalam bahasa Arab, yaitu pertengahan dan Syaban adalah bulan Syaban. Maka, Nisfu Syaban diartikan sebagai pertengahan bulan Syaban.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW, "Apabila tiba malam Nisfu Syaban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya" (HR al-Baihaqi dalam Syu'ab al-Iman).

 

Amalan Bulan Syaban

Terdapat sederet amalan yang bisa dikerjakan umat Islam pada malam Nisfu Syaban untuk meraih keutamaan pada salah satu malam yang mulia ini. Adapun sejumlah amalan ini merupakan amalan yang dikerjakan Rasulullah SAW pada bulan Syaban maupun malam Nisfu Syaban.

Memperbanyak Puasa Sunnah

Memperbanyak puasa sunnah menjadi salah satu amalan baik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT. terkait tak begitu populernya bulan Sya’ban, Rasulullah pernah bersabda: 

عن أُسَامَةُ بْنُ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنْ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ قَالَ ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ  

”Usamah bin Zaid berkata, ‘Wahai Rasululllah aku tidak pernah melihat engkau berpuasa sebagaimana engkau berpuasa pada bulan Sya’ban. Nabi membalas, “Bulan Sya'ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Nasa'i)

Selain puasa, juga bisa memperbanyak ibadah salat atau beberapa amalan baik lainnya, seperti: Memperbanyak doa kepada Allah SWT, Membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya, yaitu "La Ilaha Illallah Muhammad Rasulullah." Dua kalimat syahadat ini dapat dibaca kapan saja dan di mana saja, terutama pada malam Nisfu Syaban. Memperbanyak istighfar dan memohon ampun kepada Allah SWT atas segala kesalahan dan dosa yang telah diperbuat. Menempatkan diri serendah-rendahnya untuk mendapatkan ampunan dan pintu maaf dari Allah.

 

Amalan Malam Nisfu Syaban

دعاء ليلة النصف من شعبان

تقرأ أولا بعد صلاة المغرب سورة يس ثلاثا، الأولى بنية طول العمر؛ والثانية بنية دفع البلاء؛ والثالثة بنية الاستغناء عن الناس. وكلَّما تقرأ السورة مرة يقرأ بعدها هذا الدعاء المبارك:

Setelah selesai shalat Maghrib membaca Surah Yasin tiga kali dengan niat:

  • Yasin pertama supaya dipanjangkan umur
  • Yasin ke dua supaya dijauhkan marabahaya
  • Yasin ke tiga supaya semua kebutuhannya dicukupi oleh Allah dan terhindar dari meminta-minta kepada sesama manusia.

Setelah selesai setiap kali membaca Surah Yasin membaca doa :

 (بسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ) اللَّهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْهِ ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ ، يَا ذَا الطَّولِ وَالإِنْعَامِ ، لَا إِلَهَ إِلَّا أَنتَ ظَهَرَ اللَّاجِئِيْنَ، وَجَارَ الْمُسْتَجِيْرِيْنَ، وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنَا عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ أَشْقِيَاءَ أَوْ مَحْرُومِيْنَ أَوْ مَطْرُودِيْنَ أَوْ مُقَتَّرًا عَلَيْنَا فِي الْأَرْزَاقِ ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ بِفَضْلِكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتَنَا وَحِرْمَانَنَا وَطَرْدَنَا وَتَقْتِيْرَ أرْزَاقِنَا ، وَأَثْبِتْنَا عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ سُعَدَاءَ مَرْزُوْقِيْنَ مُوَفَّقِيْنَ لِلْخَيْرَاتِ ، فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ "يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ" . نَسْأَلُكَ اللّٰهُمَّ بِحَقِّ التَّجَلِّي الْأَعْظَمِ ، فِي لَيْلَةِ النَّصْفِ مِنْ شَهْرِ شَعْبَانَ الْمُكَرَّمِ ، الَّتِي يُفْرَقُ فِيهَا كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ وَيُبْرَمُ : نَسْأَلُكَ أَنْ تَكْشِفَ عَنَّا مِنَ الْبَلَاءِ مَا نَعْلَمُ وَمَا لَا نَعْلَمُ ، وَمَا أَنْتَ بِهِ أَعْلَمُ ، إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعَزُّ الْأَكْرَمُ ، وَصَلَّى اللَّهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

File PDF berupa amalan dan doa di atas,  bisa di download DI SINI


Posting Komentar untuk "Download PDF Amalan dan Doa Nisfu Sya’ban Untuk Imam"