Buku Seratus Dalil Amaliyyah Dalam Menyongsong Seratus Tahun Kelahiran Nahdlatul Ulama’

Puji sukur kepada Allah yang tiada batas selalu kami ucapkan. Sebab dalam momentum satu Abad NU ini bisa mewujudkan buku kecil yang memuat 100 amaliyyah warga Nahdliyyin yang selama ini selalu dipertanyakan serta ‘dihujat’ oleh kolompok yang lain. Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad beserta keluarga dan sahabatnya dan semoga kita kelak dikumpulkan bersama mereka.

Dalam buku ini memuat 100 amaliyyah warga nahdliyyin yang sebagian besar masih awam pemahaman khususnya terkait dengan dalil-dalil yang mendasari amaliyah warga nahdliyyin, yang selama ini hanya melakukan amalan-amalan tersebut karena salah satu alasan bahwa amalan-amalan tersebut sudah menjadi kebiasaan-kebiasaan yang “diwariskan” dari orang-orang sebelumnya maupun sudah terinterna-lisasi (menjadi bagian)  mengikuti norma lingkungan.

Jawaban-jawaban yang terdapat dalam buku ini merupakan kumpulan dari karya-karya Kyai NU seperti kitab Hujjah Ahlisunnah karya KH Ali Ma’sum, Krapyak Jogjakarta, Kitab al-Hujaj al-Qath’iyah karya KH Muhyiddin Abdusshomad, Rais Syuriyah PCNU Jember, buku Risalah Ahlisunnah wal Jamaah karya Tim Aswaja NU Centre Jatim, kitab-kitab karya Sayid Muhammad bin Alawi al-Maliki, Makkah, karya-karya Syaikh Ismail al-Yamani, Makkah, Kumpulan Hasil Bahtsul Masail, Kitab-kitab fiqih dan dan kitab ulama Sunni lainnya dari Timur Tengah lainnya, yang kesemuanya berlandaskan dalil-dalil yang shahih.

Dengan hadirnya buku kecil ini semoga bisa menjadi bahan renungan yang bisa melahirkan pemahaman yang lebih meyakinkan dan memantapkan diri kita bahwa semua yang telah kita amalkan selama ini sudah benar sesuai dengan ajaran syariat islam. Aamiin.

Tidak ada gading yang tak retak. demikian juga dalam penulisan buku ini pasti tidak luput dari kekhilafan, maka  saran dan kritik dari pembaca selalu kami nantikan yang kami jadikan sebagai cerminan diri untuk selalu berbenah ke arah yang lebih baik lagi.

Semoga buku ini bisa menjadikan salah satu amal yang kelak akan bisa memudahkan penulis, keluarga penulis, pembaca dan semua yang ikut andil dalam terciptanya buku ini untuk bisa masuk ke surga bersama orang-orang yang sudah diberi nikmat oleh Allah SWT. Aamiin.

Berikut daftar isi buku :

 

Posting Komentar untuk "Buku Seratus Dalil Amaliyyah Dalam Menyongsong Seratus Tahun Kelahiran Nahdlatul Ulama’"