Darah Haid Berhenti Tetapi Masih di Kantor Sekolah

Deskripsi Masalah

Dilema berhenti menstruasi di sekolah atau kantor atau di tempat publik lainnya. Inilah yang sering di alami oleh para wanita atau perempuan ketika sedang haid atau menstruasi. Karena hal ini tidak bias di prediksi kapan darah haid atau menstruasi berhenti. Kadang darah haid mampet saat di rumah kadang juga saat aktifitas di luar rumah. Contoh saja saat di Madrasah/sekolah ataupun di kantor.

Full day school adalah merupakan sistem yang diambil dari sistem pesantren dan sekarang tengah terkenal berusaha diterapkan di sekolah umum. Jadi para siswa pulang lebih sore dari biasnya. Ini salah satunya untuk mengurangi pergaulan anak anak yang sekarang semakin bebas.  Namun hal ini  nyatanya terdapat dilema tersendiri bagi siswi atau seorang perempuan atau wanita saat sedang haid. Sebagai contoh kita beri nama Ani, dia sangat memikirkan pendidikan dan masa depannya, kehadiran “tamu tak diundang”(haid/ menstruasi) setiap bulann bukan sebuah rintangan bagi Ani. Kegiatann Ani tetap berjalan sesuai jadwalnya walaupun ia harus menyiasatinya dengan berbagai metode untuk mengatasi haid. Salah satunya yaitu menggunakan obat nyeri haid. Sebab bagi Ani,  pendidikan merupakan hal penting.

Di saat semangat belajarnya yang bergejolak di dalam kelas, Fitri kebingungan. Sang haid atau “Tamu”nya sering pergi tanpa pamit (mampet).  darah haidnya berhenti saat  berada di bangku belajar. Darah haid berhenti atau darah menstruasinya berhenti dan selesai. Akhirnya, hal ini menjadi masalah tersendiri bagi  Ani. Karena Ani tau fiqih Haid yang diwajibkan  shalat ketika darah haid telah berhenti. Namun hal ini tentu membuat dilema karena tidak mungkin Ani mandi besar di sekolah. Dipastikan nanti banyak teman-temannya mengejek atau mempertanyakan mengapa Ani mandi besar di sekolah. Nanti hatinya pasti tidak akan kuat menghadapi ejekan teman0temanya yang cowok atau laki-laki. Ini belum di tambah kondisi kamar mandi sekolah yang kadang tidak mendukung untuk digunakan bersuci. Padahal sekolah Ani pulang pukul 3 sore waktu indonesia barat. tentu harus melaksanakan shalat dhuhur terlebih dahulu. Pasti semua siswa diharuskan melakukan shalat Dhuhur di sekolah. Ani pun dilematis. Apakah dia harus meninggalkan rasa malu untuk menjalankan kewajiban shalatnya. Atau dia mendapat keringanan dari hukum Islam. Misal boleh melakukan jamak takhir di rumah, sholat lihurmati waqti atau bahkan boleh sekedar pura-pura sholat.

P3HM Lirboyo Kediri

(0354) 772197

Darah Haid Berhenti Tetapi Masih di Kantor Sekolah,Darah Haid Berhenti

Pertanyaan :

a. Bagaimana cara bersuci dan shalat wanita disaat berhenti hadi namun masih di tempat publik seperti sekolah dan kantor?

 

Jawaban :

a. Cara bersucinya ditafshil sebagai berikut:

Jika darah keluar atau darah haid tersebut belum mencapai 24 jam, maka cukup dengan membersihkan diri dan berwudlu.

Namun jika darah sudah mencapai 24 jam, maka diwajibkan mandi. Mengenai cara melaksanakan shalat harus dilakukan seperti biasa mandi besar/mandi wajib.

Catatan: Sedangkan rasa malu yang ada dalam hati tidak dapat menjadi sebab atau alasan untuk boleh bertayammum.

 

Referensi :

  1. Al-Muhadzdzab, juz I, halaman 39
  2. Hasyiyah al-Bujairomi, juz I, halaman 367
  3. Bariqoh Mahmudiyah, juz III, halaman 73-74

1.       المهذب الجزء الأول ص: 39 طه فوترا

(فصل) إذا رأت المرأة الدم لسن يجوز أن تحيض فيه أمسكت عما تمسك عنه الحائض فإن انقطع لدون اليوم والليلة كان ذلك دم فساد فتتوضأ وتصلي وإن انقطع ليوم وليلة أو لخمسة عشر يوما أو لما بينهما فهو حيض فتغتسل عند انقطاعه سواء كان الدم على صفة دم الحيض أو على غير صفته وسواء كان لها عادة فخالف عادتها أو لم يكن.

2.       بريقة محمودية الجزء الثالث صـ 73-74

( تنبيه ) سئل بعضهم هل كون الحياء من الإيمان مقيد أو مطلق ؟ فقال مقيد بترك الحياء المذموم شرعا , وإلا فعدمه مطلوب في النصح والأمر بالمعروف والنهي عن المنكر وتركه فيها من النعوت الإلهية { إن الله لا يستحيي أن يضرب مثلا ما بعوضة } , { والله لا يستحيي من الحق } –إلى أن قال- وفي حديث آخر { الحياء والإيمان في قرن أي هما في حبل فإذا أسلب أحدهما تبعه الآخر } والمراد هو الحياء الشرعي , وأما ما يكون سببا لترك أمر شرعي فمذموم جدا كما عرفت , -إلى أن قال- ( , وأفضل الحياء الحياء من الله تعالى ) ; لأنه مانع من مخالفته في الأوامر والنواهي ( ثم ) الحياء ( من الناس فيما لا معصية , ولا كراهة فيه . وأما ما فيه إحداهما كالحياء في الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر وترك السنن كالسواك ) لا سيما عند الوضوء , وكذا عند كل صلاة , وإن قيل بعدم سنيته عند الصلاة على ما حققنا في رسالة –إلى أن قال- ( و ) ترك ( نحو ذلك ) من السنن كالاعتكاف وتعديل الأركان ( فمذموم جدا ; لأنه ) أي الامتناع ( في الحقيقة جبن ) أي ضعف قلب , وقلة شجاعة ( وضعف في الدين ) إذ لو كان قويا لما يخاف لومة لائم ( أو رياء أو كبر , ولو سلم أنه حياء فحياء من الناس ووقاحة ) أي عدم حياء ( لله تعالى ; ولرسوله وجرأة ) بضم فسكون أو بفتح أوله مع المد ( عليهما ) على الله ورسوله ( والله ورسوله أحق بالحياء من الناس )

3.       حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء الأول صـ 367

(ويحرم على الجنب خمسةأشياء) وهي (الصلاة والطواف وقراءة القرآن ومس المصحف وحمله)

قوله ( الصلاة ) محل الحرمة لغير حاجة فلا يرد من خشي أن يظن به سوء فإنه يأتي بأفعالها من غير نية ولا حرمة عليه رحماني قال شيخنا العزيزي وما يقع للشخص في بعض الأحيان من أنه ينام عند نساء وأولاد مرد ويحتلم ويخشى على نفسه من الوقوع في عرضه إذا اغتسلفإنه لا يغتسل وهذا عذر مبيح للتيمم ; لأنه أشق من الخوف على أخذ المال لكن يغسل من بدنه ما يمكنه غسله ثم يتيمم ويصلي ويقضي لأن هذه مثل التيمم للبرد

 

Pertanyaan :

b.  Bolehkah Ani melakukan jama’ ta’khir atau shalat li hurmati al-waqti dengan pertimbangan situasi di atas?

 

Jawaban :

b.  Tidak diperbolehkan.

 baca juga

70 Lebih Tanya Jawab Fikih Wanita

Referensi :

  1. Hasyiyah al-Bujairomi ‘ala al-Khothib, juz II, halaman 175 & 178
  2. Al-Majmu’, juz IV, halaman 264

1.       حاشية البجيرمي على الخطيب 2 ص 175

ولما فرغ المصنف من أحكام القصر شرع في أحكام الجمع في السفر فقال : ( ويجوز للمسافر ) سفر قصر ( أن يجمع بين ) صلاتي ( الظهر والعصر في وقت أيهما شاء ) تقديما وتأخيرا ( و ) أن يجمع ( بين ) صلاتي ( المغرب والعشاء  في وقت أيهما شاء ) تقديما وتأخيرا .

قوله : ( سفر قصر ) أي بأن يكون طويلا إلخ , وعند المالكية يجوز الجمع في السفر القصير أما عندنا فلا جمع في قصير وجمعه صلى الله عليه وسلم في عرفة ومزدلفة لأنه كان مستديما في سفره الطويل إذ لم يقم قبلهما ولا بعدهما أربعة أيام , فالجمع للسفر وعند الإمام أبي حنيفة للنسك . ا هـ . رحماني .

2.       حاشية البجيرمي على الخطيب 2 ص 178

( ويجوز للحاضر ) أي المقيم ( في المطر ) ولو كان ضعيفا بحيث يبل الثوب ونحوه كثلج وبرد ذائبين ( أن يجمع ) ما يجمع بالسفر ولو جمعة مع العصر خلافا للروياني في منعه ذلك تقديما ( في وقت الأولى منهما ) لما في الصحيحين عن ابن عباس { صلى رسول الله صلى الله عليه وسلم بالمدينة الظهر والعصر جميعا والمغرب والعشاء جميعا } زاد مسلم { من غير خوف ولا سفر } قال الشافعي كمالك : أرى ذلك في المطر ولا يجوز ذلك تأخيرا لأن استدامة المطر ليست إلى الجامع فقد ينقطع فيؤدي إلى إخراجها عن وقتها من غير عذر بخلاف السفر

3.       المجموع شرح المهذب الجزء 4 ص 264

( فرع ) المشهور في المذهب والمعروف من نصوص الشافعي وطرق الأصحاب : أنه لا يجوز الجمع بالمرضوالريح والظلمة , ولا الخوف , ولا الوحل . وقال المتولي : قال القاضي حسين : يجوز الجمع بعذر الخوف والمرض كجمع المسافر يجوز تقديما وتأخيرا , والأولى أن يفعل أرفقهما به واستدل له المتولي وقواه , وقال الرافعي : قال مالك وأحمد فيجوز الجمع بعذر المرض والوحل وبه قال بعض أصحابنا منهم أبو سليمان الخطابي , والقاضي حسين , واستحسنه الروياني في الحلية , قلت : وهذا الوجه قوي جدا , ويستدل له بحديث ابن عباس قال { جمع رسول الله صلى الله عليه وسلم بالمدينة من غير خوف , ولا مطر } رواه مسلم كما سبق بيانه


KEPUTUSAN BAHTSUL MASA`IL
FMP3
(Forum Bahtsul Masa`il Pondok Pesantren Putri Se-Jawa Madura) Ke-XIII
Di Pon-Pes Putri Wali Songo Cukir Jombang
12-13 Januari 2011 M. / 7-8 Shofar 1432 H.
(Komisi C)

70 Lebih Tanya Jawab Fikih Wanita

Posting Komentar untuk "Darah Haid Berhenti Tetapi Masih di Kantor Sekolah"