Sholawat Bahriyah Kubro dan Fadhilahnya

SHOLAWAT BAHRIYAH KUBRO

Begitu banyaknya sholawat baik teks sholawat yang dari Rosululloh ﷺ maupun yang dari para ulama, semua baik untuk diamalkan dan tentunya dengan Fadilahnya sendiri.

Di antara sholawat yang terebar ada beberapa sholawat yang sangat penting untuk kita amalkan salah satunya adalah Sholawat Bahriyah Kubro. Oorang yang sering ikut Manaqib pasti tidak asing dengan sholawat ini. Sholawat Bahriyah Kubro ini bisa kita temukan dan dibaca di dalam do'a Manaqib Jawahirul Ma’ani karangan KH. Ahmad Jauhari Pasuruan.

Karena tertulis di doa manaqib dapat di pastikan bahwa nama Sholawat Bahriyah Kubro memiliki arti sholawat yang mempunyai fadilah keutamaan atau khasiat yang sangat luas dan agung seperti hal nya  lautan.

Shalawat Bahriyah Kubro dan Fadhilahnya

Ada cerita kisah kejadian nyata. Disaat ada acara kegiatan Halal Bi Halal Ikatan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Fathul Ulum Kwagean Pare Kediri. Acara tersebut  yang diselenggarakan di Kudus Selasa, 8/7/2017.  Saat itu KH. Abdul Hannan Ma’shum, beliau merupakan Pengasuh Pesantren pada saat itu . Beliau menceritakan bahwa beliau telah mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro sudah lebih dari 40 tahun hingga sekarang.

Selain itu beliau juga menceritakan, bahwa sebelum Mbah yai Hanan mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro ini . Ada satu lagi kisah dari pengamal Sholawat Bahriyah Kubro. Diceritakan saat itu  Mbah Yai Hannan telah melaksanakan Istikhoroh terlebih dahulu. Setelah beberapa hari  istikhoroh, akhirnya Romo Kyai Hannan bermimpi seolah-okah beliau dikelilingi banyak sekali lebah/tawon selama tiga kali.

Selanjutnya Romo Kyai Hannan sowan kepada guru. Beliau menyampaikan mimpinya. Sang gurupun  menjawab bahwa mimpi dikelilingi lebah 3x itu mempunyai arit yang berbeda -beda. Bahwa mimpi pertama menandakan Engkau akan mempunyai santri banyak, mimpi kedua Engkau akan mempunyai kekayaan melimpah dan mimpi ketiga Engkau akan mempunyai derajat tinggi.

Mendengar jawaban Sang Guru, Kyai Hannan sontak seolah tidak percaya, sebab  melihat keadaan Romo Kyai Hannan pada waktu itu hanya seorang santri dan tidak memiliki apa-apa.

Namun akhirnya, dengan Istiqomah Kyai Hannan mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro setiap usia sholat lima waktu, tanpa mengharap terkabulnya cita-cita tersebut, dalam istilah jawanya beliau seperti berkata:

“Mandi ora mandi yo ben, pokok panggah wiritan”.

Artinya:

Manjur tidak manjur yang penting terus wirid (berdo'a & bershalawat).

Dengan berjalannya waktu hal yang di mimpikan dan di cita citakan terbukti. Hal ini tak terlepas dari hasil istiqomah dan keyakinan yang tinggi atas fadhilah Sholawat Bahriyah Kubro. Romo Kyai Hannan membuktikan sendiri apa yang dikatakan Sang Guru tentang tafsir mimpinya di atas tadi.Hingga kini terdapat ribuan santri datang untuk ngaji kepada KH. Abdul Hannan Ma’shum dan semua kebutuhannya dicukupi oleh Allah SWT.

Berikut ini adalah bacaan Sholawat Bahriyah Kubro:


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً يَّطْمَئِنُّ بِهَا قَلْبِيْ وَتَنْفَعُ بِهَا عُلُوْمِيْ وَتَقْضِيْ بِهَا حَوَآئِجِيْ وَتَرْفَعُ بِهَا دَرَجَاتِيْ وَتَهْدِيْ بِهَا قَوْمِيْ وَتُخْلِصُ بِهَا قَلْبِيْ وَتُلْهِمُنِيْ بِهَا عُلُوْمَ اللَّدُنِّيِّ وَتُكْرِمُنِيْ بِهَا بِالسَّعَادَةِ وَالْكَرَامَةِ مَعَ ذُرِّيَّاتِيْ وَتُكْثِرُ بِهَا أَمْوَالِيْ وَأَصْحَابِيْ وَتَلاَمِيْذِيْ وَأَتْبَاعِيْ وَأَضْيَافِيْ، وَتَرْزُقُنِيَ اللَّهُمّ تََمَامَ نِعْمَتِكَ وَتَمَامَ رَحْمَتِكَ وَتَمَامَ رِضْوَانِكَ. وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَيْهِ وَعَلَى آَلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ مَا خَلَقْتَ وَرَزَقْتَ وَأَمَتَّ وَأَحْيَيْتَ إلَى يَوْمٍ تُحْشَرُ فِيْهِ الْخَلاَئِقُ أَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِ الْعَالَميْنَ


Kaifiyah mengamalkan Sholawat Bahriyah Kubro:

– Paling mudah yaitu dengan dibaca minimal 7 kali dalam sehari semalam.

– Lebih baguslagi jika dapat dibaca 100 kali dalam sehari semalam.

Ada pun fadhilahnya adalah sebagai berikut:

  1. Agar diberikan ketenangan hati.
  2. Agar diberikan tentramnya rumah tangga.
  3. Agar diberikannya ilmu yang bermanfaat.
  4. Agar terkabulnya hajat/ keinginan.
  5. Agar tingginya derajat.
  6. Agar kaumnya (masyarakat) diberi hidayah/petunjuk.
  7. Agar dijadikan/diberikan hati yang ikhlas.
  8. Agar bahagia dan mulia (pembaca) dan keturunanya di dunia dan akhirat.
  9. Agar banyak harta kekayaan yang barokah.
  10. Agar memiliki banyak santri/murid.
  11. Agar memiliki banyak pengikut dan tamu.
  12. Agar diberikan kenikmatan yang sempurna dan rahmat yang agung, mendapatkan ridha dari Allah ﷻ dan diberikan khusnul khotimah.

Demikian ulasan lengkap Sholawat Bahriyah Kubro beserta kaifiyah dan fadhilahnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin.

________________

Referensi: Kitab Sullamul Futuhat Juz 2 – KH. Abdul Hannan Ma’shum


ﻭَٱللّٰهُ أَﻋْﻠَﻢُ بِٱﻟﺼَّﻮَٱﺏِ

صلواعلى النبي محمد ﷺ

اللهم صل و سلم على سيدنا و حبيبنا و شفيعنا و قرة أعيننا و مولانا محمد وعلى آله وصحبه وسلم, اللهم صل وسلم وبارك عليه وعلى اله ...

اَللّٰـــــــــهُمَّ صَلِّ عَلٰے سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰے أَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ فِے الْأَوَّلِيْنَ وَالْأَخِرِيْنَ وَفِےالْمَلٓاءِ الْأَعْلَے إِلَے يَوْمِ الدِّيْنِ

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ



Posting Komentar untuk "Sholawat Bahriyah Kubro dan Fadhilahnya"