Nasehat dari KH Abdul Hannan Maksum Kwagean Kepung Kediri

Berikut adalah Nasehat dari KH Abdul Hannan Maksum Kwagean Kepung Kediri

Teman yg muwafiq paling banyak terdapat di pondok sebab teman pondok kebanyakan saling mengingatkan tolong menolong dalam kebaikan. Setiap orang akan diuji oleh Allah SWT walaupun dia berada dimanapun, dilindungi siapa saja pasti musibah itu akan terjadi sesuai dengan takdirnya dan atas kekuasaan Allah.

Maka sangat perlu di ingat ialah;

  1. Lebih baik diam dari pada ngomong yg tidak ada gunanya
  2. Kita harus mengerti zaman, maksudnya adalah kita harus tahu bahwa kita masih muda jadi seharusnya lebih kuat dan lebih giat Untuk beribadah pada Allah
  3. Kita harus melakukan sesuatu dengan istiqomah
  4. Kita harus berjalan dijalan yg lurus walaupun berat rasanya

Tarbiyah itu memang tempatnya untuk anak didik dari segi akhlaknya agar lebih baik. Tarbiyah itu ibarat menanam pohon, masih perlu untuk disiram. maksudnya diberi nasehat agar tumbuh subur. Sedangkan jodoh itu ibarat mur dan baut yang dicampur dalam satu kotak, kadang kadang langsung ketemu dan cocok dan ada yang lama baru ketemu.

Pesan selanjutnya adalah jangan mendirikan pondok dari tanah waqof

Ingat jangan mendirikan pondok dari tanah waqof karena akan banyak terjadi permasalahan dengan orang yang mewaqofkan karena ada kemungkinan orang mewaqofkan tidak seratus persen ikhlas jadi kalo bisa mendirikan pondok lebih baik dari tanah hibah atau tanahnya sendiri.

Ada seorang kiyai yang bernama kiyai Jauhari dari pasuruan dia sering pindah2 mendirikan pondok, kiyai Jauhari sering diberi tanah waqof yg digunakan untuk pondok pesantren tapi dikemudian hari banyak terjadi masalah dengan orang yang mewaqofkan dan ahli warisnya kemudian dia meninggalkan pondok tersebut karena masalah seperti itu kiyai Jauhari sering pindah2 mendirikan pondok, suatu saat dia diberi waqof di Kediri di boto putih dan dia membangun pondok disana.

pada suatu saat dia bekunjung kerumah romo kiyai kemudian romo kiyai ditanya endi omahmu endi pondokmu dijawab romo kiyai "isih ora duwe" kiyai Jauhari berkata: dungomu ora mandi iki, dungoho maneh, suatu saat kiayi Jauhari berkunjung lagi dan romo kyai ditawari tanah waqof untuk digunakan untuk pondok, tapi romo kiyai tidak mau menerimanya, karena romo kiyai pernah diberi pesan oleh kiyai zamrozi agar tidak mendirikan pondok pesantren diatas tanah waqof.

suatu saat kiyai Jauhari datang lagi dan berkata: bener opo jaremu ngedekno pondok ing ndukure tanah waqof iku akeh masalahe, kemudian kiyai jauhari meninggalkan pondok beserta tanah waqofnya, kemudian kiyai Jauhari mendirikan pondok dari tanah hibah di daerah pasuruan (Pondok Darussalam) Kiyai Jauhari ora kerjo tapi pangga sugih dan istrinya cantik. ternyata wiridanya Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jailani dan Sholawat Bahriyatul Kubro.

Barang siapa yg banyak tertawa maka wibawahnya akan berkurang

Harganya manusia itu tergantung dari ilmunya, pengalamanya dan usahanya.

Jadilah orang yang alim terlebih dahulu kemudian menata hati untuk menjadi manusia yg sempurna. Perbuatan apa yg sering dia kerjakan akan membuat dia menjadi terkenal dengan perbuatanya itu sendiri. Semuanya bisa dirubah asalkan punya keinginan yg kuat untuk merubahnya.

Seorang santri atau orang yg alim itu harus mempunyai sifat suja’ (pemberani), orang alim tapi tidak punya sifat pemberani ilmunya akan berkurang (menyusut), orang yg tidak begitu alim tapi mempunyai sifat pemberani akan berkembang (molor) seperti contoh orang yang berpidato orangnya alim dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya karena tidak mempunyai sifat yg berani ketika tampil didepan semua yang dipersiapkan hilang, sebaliknya orang yg tidak begitu alim tapi mempunyai sifat yang berani dia bisa mengembangkan materinya menjadi lebih menarik dan lebih panjang.

Nasehat dari KH Abdul Hannan Maksum Kwagean Kepung Kediri

“Sesungguhnya ilmu hikmah (ilmu yg dilakukan) itu akan menambah kemulyaan orang tersebut” seperti contoh orang yg mau zakat. Wiridan itu ibarat menanam pohon, membutuhkan proses yg cukup lama, semakin lama akan semakin besar dan semakin tinggi sehingga semakin besar pula terpaan angin terhadap pohon tersebut, wiridan itu semakin lama semakin besar cobaannya dan ujiannya, ketika mampu untuk melewati ujian tersebut pohon akan dapat berbuah dan kita bisa meni’matinya begitu juga dgn wiridan kalau kita sudah bisa melewati berbagai ujian kita akan mendapat kan buah dari wiridan tersebut.

Kalau ingin merasakan yg namanya ni’mat harus merasakan yg namanya susah terlebih dahulu, karena tidak ada kebahagiaan yang tidak ditempuh dgn kesusahan.

Rahasia dari wiridan itu sangat besar hanya dapat diperoleh dgn jalan istiqomah. Kita harus bisa membagi waktu untuk wiridan, belajar dan berhubungan dgn manusia.

Didekek tulangan nerimo  Didekek kenongo nerimo

Faqir tapi bersabar itu lebih berat dari pada kaya tapi bersyukur karena itu lebih baik faqir yg bersyukur dibanding kaya bersyukur.

Orang yg sukses itu biasanya orang yg tidak begitu pintar tapi utun dan telaten, biasanya orang yg pintar itu punya sifat sombong yang berlawanan dengan sifatnya ilmu yaitu bertempat pada orang yg rendah diri.

Orang kaya yg tidak kuat dengan kekayaannya orang yg diberi kekayaan tapi digunakan untuk ma’siat pada Allah.

Romo kiyai itu satu bulan makannya: 4 kg beras, 3 btir kelapa, cabe satu gegam.

Sabar yg bagus adalah sabar yg tidak dicerita-ceritakan.

“Wahai dunia Aku (Allah) akan melayani orang yg melayani Aku”

Yang paling baik dicari oleh seorang pemuda adalah ilmu yg sebanyak banyaknya. Kalau mempunyai ilmu yang banyak menjadi kaya itu mudah, kalau sekarang bermalas malasan besok kita akan menyesal.

Kalau ingin jadi orang yang alim harus hafal dan paham tasrif, harus terus dihafal.

Enaknya dirumah tergantung seberapa besar susahnya dipondok.

Ketika sakit harus diterima karena semua itu merupakan pemberian dari Allah, Allah menurunkan penyakit karena membagi rizkinya pada semua maklhuk, ketika ada orang yg sakit otomatis orang yg jualan obat akan laku.

Romo kiyai itu memberikan ijazah itu ibaratnya memberikan sebuah tunas atau biji terserah pada kita mau kita apakan biji tersebut, kita harus menanam dan merawatnya supaya dapat tumbuh besar sehingga pada akhirnya nanti kita juga yg akan menuai hasilnya.

Lebih baik melakukan satu wiridan secara istiqomah (terus menerus), dari pada melakukan banyak wiridan tapi tidak istiqomah, ibaratnya seperti menanam pohon, satu pohon kemudian dirawat dgn baik dari pada menanam banyak pohon tapi tidak dirawat, yg mungkin akan mati semua.

Sebelum memberitahu orang lain cobalah lihat dirimu sendiri.

Kalau dipuji orang bersyukurlah, kemudian kembalikanlah itu semua pada Allah, karena hanya Allah yg patut untuk dipuji dan sesuatu dipuji itu karena Allah memberikan kelebihan pada sesuatu tersebut.

Apabila kamu menjadi pelayan agama, dunia pasti akan melayanimu. Apabila kamu melayani dunia maka dunia akan menjahuimu dan akan menyusahkanmu ingatlah itu.

Agar percaya diri mengadapi orang yg alim kita harus tanamkan pada diri kita bahwa orang yg alim sebelumnya juga belum alim, dia bisa alim seperti sekarang dikarenakan dia bersungguh dalam mencari ilmu mangkane seng temen kang.

Prinsipnya romo kiyai itu seperti bekicot, selagi bekicot itu masih hidup dan masih bisa makan pasti cangkanya juga ikut membesar dgn sendirinya, maksudnya bagian dalam kita tata terlebih dahulu yaitu hati maka dhohir (badan) juga akan ikut berimbang dgn sendirinya, kalau mendirikan pondok atau tempat ngaji yg penting dapat terus berjalan dan selalu ada kegiatan jangan sampai mati. maka masalah tempat akan berkembang dgn sendirinya.

Kelemahan orang alim yg miskin :

  1. Agamanya akan kalah dengan orang kafir
  2. Akan jadi hinaan orang
  3. Sifat beraninya akan menurun

Romo kiyai pada waktu akan nikah tidak punya apa2, bahkan pakaian yg digunakann untuk nikah saja belum punya, ibunya itu seorang penjual onde2 dan bapaknya seorang pemanjat kelapa, bagaimana sekarang caranya agar bisa menjadi seorang yg kaya? Dengan cara melayani agamanya Allah dan juga berusaha dgn sungguh2.

Menjauhi perbuatan yg harom itu lebih baik dari pada ibadah sunnah. Sifat males itu menjadikan orang tersesat menjadi rugi karena waktunya akan hilang terbuang sia sia, jadi pemuda harus mempeng ibadah dan bekerja, supaya menjadi sukses.

Yang dikatakan orang yg kaya adalah orang yg besyukur dan menerima pembagian dari Allah, orang yg miskin adalah orang yg tidak bersyukur dan tidak menerima pembagian dari Allah (selalu merasa kurang terus menerus).

Mempunyai ilmu banyak tapi yg diamalkan Cuma sedikit maka sedikit itulah yg akan dia dapatkan.

Syaithon itu menanamkan pada diri manusia sifat takut untuk miskin supaya manusia belomba lomba untuk mencari dunia dan melupaka untuk beribadah kepada Allah.

Jangan terlalu memikirkan nasib kita yg akan datang karena belum tentu besok kita akan masih hidup jadi sekarang beramal lah yang sebanyak2nya

Do’a itu pasti dikabulkan kalau tidak diberikan pada dirinya mungkin akan diberikan pada anak turunnya atau mungkin diberikan pada tetangganya, jadi jangan pernah untuk lelah berdo’a kepada Allah karena suatu saat pasti akan dikabulkan oleh Allah.

Walaupun punya banyak harta tidak akan cukup untuk membahagiakan semua orang karena harta akan terus bekurang ketika diambil, tapi dengan akhlak yg bagus kita bisa membahagiakan semua orang karena akhlak tidak akan bisa habis walaupun digunakan terus menerus bahkan akan menjadi lebih baik.

Ujian atau cobaan itu ada dua macam:

  1. Ujian yang ni’mat, seperti jatuh cinta
  2. Ujian yang tidak enak seperti sakit

Tapi biasanya orang tidak kuat ketika dihadapkan pada ujian yg ni’mat

Jadilah orang yg alim terlebih dahulu baru mencari ilmu perdukunan karena orang yg mempelajari ilmu seperti itu biasanya mempunyai rasa sombong dan merasa yg paling kuat sendiri.

Rizki itu ibarat ikan: Rizki itu sudah dijamin oleh allah, setiap orang itu pasti mempunyai rizki (rizki itu sudah ada dan sudah ditetapkan oleh allah), begitu juga dengan ikan sudah ada dalam laut, agar kita bisa mengambil rizki tersebut kita harus usaha lahir dan batin, usaha lahir dengan bekerja dan usaha batin dengan berdo’a, sama dengan ikan dilaut sudah ada tapi kita harus berusaha supaya bisa mendapatkanya, bersabar serta dengan berdoa’ itu ibarat pancingnya, untuk itu diperlukan umpannya yaitu dgn shodaqoh semakin besar umpan yang dipasang semkin besar ikan yg akan diperoleh.

Sebagian dari sikap wira’I romo kiyai sudah terlihat mulai dari kecil ketik dia berumur 10 tahun waktu masih sekolah SR di dalam sekolah dia selalu memakai kopeyah karena waktu ngaji dia pernah diberi tahu gurunya kalau kopeyah itu dilepaskan maka derajatnya akan turun dan termasuk orang yg fasiq.

Ngaji itu harus sabar karena dgn ngaji manusia dapat memperoleh kebahagian dunia dan akhirat pancen susah banget.

Yang dicari dari wanita adalah dan din dun, dan adalah badan, din adalah agama, dun adalah dunia.

Di pondok itu ibaratnya berada dipenjara suci. Ulat itu menjijikkan dan makannya adalah dedaunan, tapi ketika menjadi kupu2 semua orang menyukainya dan makanannya adalah sari bunga. Orang yg mempunyai ilmu itu tidak selalu kaya, walaupun dia seorang sarjana, atau orang yg alim belum tentu menjadi orang yg kaya, karena ilmu tidak ada hubunganya dgn dunia.

Anak yg masih kecil jangan dibiasakan makan makanan yang enak enak dan fasilitas yg berlebihan karena kalau sudah terbiasa dengan fasilitas yg mewah ketika diberi sesuatu yg tidak enak pasti dia tidak mau (tidak bersyukur).

Wiridan itu mendo’akan do’a, allah itu lebih tahu akan kebutuhan hambanya.

Didunia belum tentu ni’mat. Apalagi berada di akhirat

Didunia sengsara Jangan sampai akhirat juga sengsara

Kunci sukses adalah dgn melihat kekurangan yg terdapat pada diri kita sendiri kemudian memperbaiki kekurangan kekurangan tersebut.

Semua kejadian sandarkanlah kepada allah maka hati kita akan merasa tenang dan tentram

Digawe melarat nerimo * Digawe sugih pangga nerimo

Iku ngono atine rojo * Ora ono susah lan sengsoro

Nang dunya during mesti enak * Opo mane h nang akhirot

Kalau ingin berhasil melakukan sesuatu:

  1. Istiqomah
  2. Hidmah
  3. Sholat jamaah

Khidmah itu ibaratnya seperti umpan dalam memancing, digunakan untuk memancing supaya mendapatkan ilmu.

Orang yang sombong itu ibaratnya seperti katak yg berada dalam tempurung

Menjadi manusia itu harus selalu menerima terhadap apa yg diberikan dan ambillah hikmah yang terdapat dalam peristiwa tersebut pasti itu yang terbaik untukmu.

Ilmu supaya manfaat itu harus mempunyai sifat takut pada allah (taqwa dan wira’i)

Manusia akan terus dan selalu merasa kurang apabila dia melihat pada orang yg diatasnya padahal dia sudah diberi nikmat oleh allah sangat banyak sekali.

Masa tua itu ditentukaan olehh masa muda setiap apa yang kita kerjakan sekarang akan menentukan masa yang akan datang (masa muda itu masa bakti untuk masa tua),

Romo kiyai itu ngaji tasrif sampai 4 kali mulai dari umur 10 tahun, pertama kalinya Cuma menghafal dan ngelalar saja, ngaji ke dua baru paham sedikit, ngaji yg ke tiga agak paham dan ngaji yg keempat baru benar benar paham, jadi ngaji itu butuh proses yang cukup lama.

Kalau ingin doa’anya diijabahi harus bicara yg jujur tidak boleh bohong.

Riyadho paling gampang adalah sholat dgn berjama’ah akan di beri mudah memahami ilmu dan diberi kaya.

Maqom kasaf mencari akhirat dan dunia, maqom tajrid hanya mencari akhirat saja, tanda tandanya yaitu ketika mencari dunia malah mengalami kerugian seperti kiyai zamrozi pernah membeli kopi dan menyimpannya untuk dijual tapi malah mengalami kerugian.

Bahsul masail atau musyawaroh itu ibaratnya seperi menangkap maling ketika sudah ditangkap maka semuanya ikut senang, ketika masalah sudah ditemukan jawabannya maka semua ikut untuk mengoreksi dan mendukungnya apabila sesuai dengan yang benar.

Pesan kiyai zamrozi pada roma kiyai:

  1. Kitabmu mulai seng cilik sampek seng gede kudu ditoto (di kebeki)
  2. Nek dijaluki ngji ojo nolak

Romo kiyai pertama kali baca kitab kosongan yg besar adalah kitab bajuri yg dapat kiriman dari Jakarta kemudian romo kiyai diberi kiyai zamrozi untuk membacanya hanya berbekal kamus. Karena sangat banyaknya santeri yg minta ngaji pada romo kiyai pada waktu dipondok romo kiyai sampai tidak sempat untuk mencuci bajunya sehinggah ada orang yg mencucikan bajunya, sekarang orang tersebut menjadi sangat kaya dan membelikan mobil romo kiyai.

Romo kiyai ngaji kitab fathul qorib Selama kurang lebih 5 tahun karena kiyai zamrozi ngajarnya sedikit demi sedikit, sampai khatam hanya tinggal 7 santeri dan 7 santeri tersebut menjadi kiyai.

“Sebaik baiknya penolong adalah isteri yg sholeha.”

“Ilmu itu tidak dapat dibeli karena harganya sangat mahal.”

Orang yg sholeh ketika ditempatkan pada suatu tempat maka tempat tersebut akan menjadi baik. Allah akan memberikan berhasil pada cita cita seseorang tergantung dari usaha orang tersebut. Cita cita itu bisa berhasil dengan kesabaran. Banyak orang yang cita citanya tidak berhasil dikarenakan pada waktu dia mengejar cita cita tersebut dia melupakan cita citanya.

Apabila seseorang diberi nikmat oleh Allah kemudian dia sombong dan pamer terhadapa nikmat yang telah diberikan oleh Allah maka Allah akan memberi cobaan padanya dan akan mengambil nikmat itu kembali.

Orang mondok itu seperti orang yang pergi kepasar dia harus belanja apa yang dia butuhkan saja jangan sampai menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak berguna ketika pulang dia gunakan apa yang telah dia beli dipasar, ketika mondok harus mencari ilmu yang sebanyak banyaknya yang nanti sekiranya ilmu tersebut digunakan untuk dirinya sendiri dan masyarakat.

Dunia itu barang titipan dan kapan saja dapat diambil oleh pemiliknya, kalaupun tidak diambil oleh pemilknya pasti akan ditinggal.

Barang siapa orang yang tidak sabar dalam menghadapi sulitnya mencari ilmu maka selamanya dia akan bodoh, barang siapa orang yg tahan dalam menghadapi sulitnya mencari ilmu maka dia akan bahagia didunia dan akhirat.

Sabar jamil adalah sabar yg tdk diceritakan pada orang lain.

“Manusia itu ibarat tanah yg menempel pada rida cikar terkadang berada dibawah dan terkadang berada diatas.”

Perbanyaklah berangan2 terhadap makluk ciptaan Allah sungguh menakjukan sekali.

Maqom fanaa’ kemudian maqom sabar selanjutnya maqom istiqomah

Orang mondok itu ibaratnya seperti bunga yang mekar tapi tidak semua bunga akan menjadi buah banyak sekali bunga yang gugur karena tidak kuat oleh terpaan angin dan badai, hanya beberapa bunga saja yang berhasil menjadi buah.

Belajar itu ibaratnya seperti pergi kesuatu daerah ketika baru pertama kali mungkin kita belum hafal dengan jalan dan keadaan daerah disana tapi ketika sudah bekali kali kita lewati dan kita lihat pasti kita hafal dan ingat jalan tersebut.

Manusia itu seperi layang layang apabila manusia itu baik maka akan diperebutkan banyak orang, jodoh itu juga ibaratnya seperi layang layang apabila pada saatnya dia juga akan jatuh pada pangkuan orang yang sudah ditakdirkan menjadi pendampingnya.

Yakinlah akan janji alqur’an dan hadits karena itu pasti benar.

Nek ora gelem berbah ket sesuk bakal pancet koyo ngono.

Orang yang merasa sakit hati apabila di ingatkan atau merasa tersinggung ketika ditegur maka memang benar dia melakukan kesalahan apabila tidak melakuan kesalahan maka dia tidak akan merasa tersinggung, seperti orang yang disiram dengan menggunakan air garam maka ketika di tubuhnya ada luka dia akan merasakan perih apabila tidak ada luka maka dia tidak akan merasakan luka.

Melakukan apapun pekerjaan hendaknya di niati untuk mencari ridhonya Allah.

Hasil (bekas) dari wiridan itu sedikit demi sedikit, seperti kotoran yang terdapat pada buku, adanya kotoran karena seringnya dibuka.

Ketika melakukan banyak wiridan kemudian ditanya, yg mana dari wiridan tersebut yg memberikan manfa’at (atsar), pasti orang tersebut tidak bisa menjawabnya karena wiridan yg banyak itu ibaratnya seperti air yg berada dilaut atau sungai yg besar yg mana berasal dari sungai yg kecil2 kemudian berkumpul menjadi sungai yg besar, ketika sudah ada dilaut atau berkumpul menjadi sungai yg besar, maka air yg berasal dari sungai2 yg kecil tidak dapat dibedakan.

Orang yang jelek ketika mempunyai I’tiqod yg baik dan mau berusaha dgn kuat untuk baik pasti Allah akan memberikan jalan untuknya.

Kalau wiridan yg penting aje’(istiqomah).

Apabila menerima pujian janganlah merasa bangga karena semua itu dari Allah dan kapanpun Allah mau mengambilnya pasti itu dengan mudah bisa dia lakukan, ketika dihina janganlah terlalu bersedih, jadikanlah hinaan tersebut sebagai koreksi diri, karena hanya orang lain dan musuh kita yang tahu kelemahan kita, seharusnya kita harus berterima kasih pada orang yang mau untuk mengingatkan, menkritik dan memperhatikan kita kemudian jadikan itu semua sebagai jamu untuk kita supaya kita sehat dan tambah semangat.

Cobaan itu merupakan ujian untuk dijadikan sebagai jalan tujuan.

Apabila akan melakukan sesuatu pikirkanlah hasil dan akhirnya yg akan didapat, jangan terlalu tergesa2.

Pedagang yg jujur akan dikumpulkan bersama para shodiqin.

Ketika punya keinginan yg tersimpan jangan diobral terlebih dahulu, kita harus mengejarnya baru kalau sudah berhasil kita boleh berbicara.

Orang yg diberi nikmat pasti akan dijadikan orang yg hasud terhadap nikmat tersebut. Awal kesalahan adalah hasud.

Yang terpenting punya ilmu kemudian diamalkan.

Tanahnya Allah itu sangat luas sekali.

Mencari ilmu itu harus berani jangan pikirkan biaya Allah maha kaya asalkan mau berusaha dengan sekuat tenaga pasti Allah akan memberi jalan. Kalau bisa setiap melihat sesuatu cobalah pikirkan dan ambil manfaat dan hikmahnya. Kunci untuk bisa meraih kesuksesan : yg penting tandang (terus berjalan) dan sabar

Dipondok yang terpenting bisa ikut mengamini do’anya kiyai, mau tidak mau harus ikut sholat berjama’ah.

Pidato yg lkhlas jangan di bagus baguskan supaya disenangi manusia, ingatlah pada tujuannya pidato yg sebenarnya.

Orang yg ngaji ingatlah pada akhirat, jangan ingin dipuji, jangan ingin disenangi manusia, jangan ingin menarik simpati masa.

Jadilah seorang da’I yg bisa mengajak manusia dari senang dunia menuju senang akhirat, dari ma’siyat menuju tho’at, dari senang dunia menjadi seorang yang zahid.

Dalam berdakwah sebisanya masukanlah fiqh.

Semuanya dibuat Allah seperti ini pasti ada hikmah didalamnya.

Jadi anak harus bisa memberi pada orang tua.

Shohabat menjadi orang yg besar dan dekat pada Rasulullah karena dimulai dari ngodam (membantu) terlebih dahulu pada nabi, jadi kalau kepingin enak harus bekerja keras terlebih dahulu.

Jangan merasa besar dan agung, karena kebesaran dan keagungan hanya milik Allah semata, semua yg kita miliki hanyalah titipan dari Allah.

Tinggalkanlah sifat rumanso (rumangso pinter, ganteng, bener).

Ketika menyampaikan pidato lihatlah pada mukhotobnya dan berilah materi yg bisa diterima mereka, anggaplah mereka semua orang awam ketika menyampaikan pidato. Tujuan orang berpidato adalah untuk memperbaiki masyarakat, lakukanlah dgn ikhlas dan jangan berharap sesuatu apapun baik barang ataupun pujian.

Cara yang paling cepat untuk menimbulkan yaqin dalam hati adalah dgn cara banyak I’tibar (berpikir pikir) tentang alam.

Riyadho yg benar yaitu riyadho yg sesuai dgn penyakitnya (apa yg menjadi kekurangan dirinya atau yg disukai syahwat) kita harus bisa menundukkannya dgn cara yg berlawanan, lihatlah para ulama’ terdahulu riyadhonya berbeda-beda karena penyakitnya juga berbeda-beda.

Posting Komentar untuk "Nasehat dari KH Abdul Hannan Maksum Kwagean Kepung Kediri"