Hari Kemerdekaan Dengan Lomba dan Pesta

Mengisi Hari Kemerdekaan dengan Lomba dan pesta (PP RAUDLATUL QUR’AN, GEYONGAN CIREBON)

lomba agustusan yang kreatif, lomba agustusan yang bermanfaat, macam macam lomba online, jenis lomba agustusan, contoh lomba 17 agustus di masa pandemic, macam macam lomba agustusan, ide lomba online, lomba agustusan modern, lomba agustusan yang kreatif, lomba agustusan modern, lomba agustusan lucu, macam macam lomba online, lomba agustusan yang bermanfaat, lomba agustusan di tengah pandemic, lomba agustus 2020, lomba agustus lucu, lomba agustus terlucu, lomba agustus saat pandemic, lomba agustus di masa pandemic, lomba agustus anak paud, lomba agustus paling lucu, lomba agustus untuk balita, lomba agustus anak anak, macam macam lomba agustus, lomba agustusan, lomba agustusan lucu, lomba agustusan online, lomba agustusan masa pandemic, lomba agustusan di masa pandemic, lomba agustusan terbaru, lomba agustusan di tengah pandemic,lomba agustusan yang unik, lomba 17 agustus kekinian, lomba 17 agustus kreatif, lomba 17 agustus lucu bikin ngakak, lomba 17 agustus saat pandemic, lomba 17 agustus yang hemat biaya, lomba menulis agustus 2020, lomba menulis cerpen agustus 2020, lomba mewarnai 17 agustus

Deskripsi Masalah

Tanggal 17 agustus ialah moment yang sangat bersejarah bagi rakyat atau bangsa Indonesia. Pada hari itulah kemerdekaan  yang di proklamasikan bung Karno dan bung Hatta sebagai wakil rakyat Indonesia. Ahirnya tidak dipungkiri jika tanggal 17 Agustus ini telah menjadi agenda wajib bagi rakyat Indonesia untuk merayakannya. Sebagai wujud rasa suka cita dan perayaan serta agar selalu dapat mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan di zaman kemerdekaan serta menanam jiwa nasionalisme kepada generasi muda. Setiap msyarakat di berbagai daerah di Indonesia mengadakan berbagai macam lomba dan perayaan. Lomba-lomba tersebut telah diadakan sejak dulu, tepatnya 3 tahun setelah kemerdekaan. Dalam lomba-lomba tersebut, memiliki arti  kita sebagai rakyat Indonesia diingatkan betapa sulitnya para pejuang kemerdekaan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dari mulai anak-anak sampai orang dewasa pun turut serta dalam semua perlombaan ini. Beberapa ragam dari lomba Agustusan yaitu Lomba kelereng, Lomba makan krupuk, Lomba memasukkan paku ke dalam botol, Lomba tarik tambang, Lomba balap karung, Lomba gigit koin atau uang logam, Lomba joget bola kasti, Lomba panjat pinang dan banyak lomba lainnya. Tak jarang diperlombaan-perlombaan tersebut juga dilakukan di halaman masjid/area masjid.

Pertanyaan :

a. Apakah sudah tepat mengisi peringatan hari kemerdekaan dengan perlombaan semacam di atas dalam hukum Islam?

b. Dan bagaimana hukumnya apabila kegiatan tersebut dilakukan di halaman masjid (tanah wakaf milik masjid)?

Jawab :

a. Hukum mengadakan perlombaan seperti diatas adalah di perbolehkan selama hal diatas tidak ada unsur munkarot/ makruhah. Akan tetapi yang lebih tepat adalah apabila perlombaan tersebut juga dibarengi dengan acara-acara yang bermuatan positif(ibadah)

Hari Kemerdekaan Dengan Lomba dan Pesta 1
Hari Kemerdekaan Dengan Lomba dan Pesta 2
Hari Kemerdekaan Dengan Lomba dan Pesta 3
Hari Kemerdekaan Dengan Lomba dan Pesta 4
Hari Kemerdekaan Dengan Lomba dan Pesta 5

b. Boleh selama tidak menyalahi aturan waqif/ adat yang berlaku dan tidak mengganggu musholli.

Hukum halaman masjid untuk agustusan
hukum halaman masjid untuk agustusan 1

hukum menggunakan halaman masjid
hukum halaman masjid untuk agustusan 3


HASIL KEPUTUSAN

BAHTSUL MASA'IL SE-JAWA MADURA XXX

Di Pondok Pesantren Babagan Ciwaringin

21-22 Oktober 2016 / 2021 Muharram 1438 H

KOMISI C

perumus hukum agustusan

Perumus agustusan




Posting Komentar untuk "Hari Kemerdekaan Dengan Lomba dan Pesta"