Jatah Preman Dalam Islam

Jatah Preman Dalam Islam dalam hukum islam dan menurut pandangan fikih dan fiqih
Di zaman milenial ini, kejahatan semakin hari semakin merajarela dimana-mana. Mulai dari pemerasan, pencurian, perampokan, dll. Sehingga masyarakat harus selalu ekstra hati-hati dalam kehidupan sehari-hari. Karena para penjahat selalu mengintai dan mencari sasaran orang-orang kaya. Bahkan yang sedang marak dan sangat sulit dihindari, seperti yang terjadi di pasar atau terminal. Dimana para preman meminta uang secara paksa kepada para pedagang atau pembeli. Jika tidak diberi, mereka akan mengancam bahkan menghajarnya sampai babak belur. Sehingga sampai sekarang yang istilah jatah preman tetap ada. Alasan yang uang jatah preman adalah untuk menjamin keamanan, padahal mereka yang harus diamankan. Bagaimana hukum Islam terhadap para preman meminta uang kepada para pedagang dengan alasan uang keamanan?

Jawab: Hukumnya adalah haram, sebab termasuk pemerasan (memaksa). Namun bagi para pedagang atau yang dipaksa boleh memberinya, asalkan didasari untuk menyelamatkan dirinya. 

Referensi:

&  الفتاوى الفقهية الكبرى  الجزء 3  صحـ : 373  مكتبة الإسلامية

وَقَدْ صَرَّحَ الأَئِمَّةُ فِي الْمُهْدِي حَيَاءً وَلَوْلا الْحَيَاءُ لَمَا أَهْدَى أَوْ خَوْفَ الْمَذَمَّةِ وَلَوْلا خَوْفُهَا لَمَا أَهْدَى بِأَنَّهُ يَحْرُمُ أَكْلُ هَدِيَّتِهِ لأَنَّهُ لَمْ يَسْمَح بِهَا فِي الْحَقِيقَةِ وَكُلُّ مَا قَامَتْ الْقَرِينَةُ الظَّاهِرَةُ عَلَى أَنَّ مَالِكَهُ لا يَسْمَحُ بِهِ لا يَحِلُّ تَنَاوُلُهُ وَقَدْ ذَكَرُوا فِي بَابِ الضِّيَافَةِ مِنْ ذَلِكَ فُرُوعًا لا تَخْفَى اهـ

&  العمال والحكام لابن حجر الهيتمي  صحـ : 54

وَلَوْ أَهْدَى اِلَيْهِ أَحَدٌ خَوْفًا مِنْ شَرِّهِ حَرُمَ الْقَبُوْلَ قَطْعًا  اهـ


Posting Komentar untuk "Jatah Preman Dalam Islam"