Tertinggal Takbir Dalam Shalat Jenazah


Sering kita jumpai saat pelaksanakan shalat Jenazah, sebagian jama’ah ada yang terlambat, sehingga mereka tertinggal dari takbirnya imam. Ada juga sebagian makmum yang sudah dari awal mengikuti jama’ah, namun pada waktu ia takbir yang pertama, ternyata imam telah melakukan takbir yang kedua. Bagaimana hukum shalatnya makmum dalam kasus di atas?
Jawab: Jika makmum muwâfiq dan tertinggalnya bukan karena udzur, maka shalatnya batal. Sedangkan jika makmum masbûq, maka langsung takbir lalu baca Fatihah. Kemudian setelah Imam selesai shalat, ia menambah satu kali takbir sekaligus dzikirnya.
Referensi:

&كفاية الأخيار الجزء 1 صحـ : 168 مكتبة دار إحياء الكتب
فَرْعٌ اَلْمَأْمُوْمُ الْمُوَافِقُ إِذَا تَخَلَّفَ عَنِ اْلإِمَامِ بِلاَ عُذْرٍ فَلَمْ يُكَبِّرْ حَتَّى كَبَّرَ اْلإِمَامُ أُخْرَى بَطَلَتْ صَلاَتُهُ ِلأَنَّ التَّخَلُّفَ بِالتَّكْبِيْرَةِ كَالتَّخَلُّفِ بِرَكْعَةٍ فِي غَيْرِ صَلاَةِ الْجَنَازَةِ وَأَمَّا الْمَسْبُوْقُ فَيُكَبِّرُ وَيَقْرَأُ الْفَاتِحَةَ وَإِنْ كَانَ اْلإِمَامُ أُخْرَى قَبْلَ شُرُوْعِهِ فِي الْفَاتِحَةِ تَرَكَ الْبَقِيَّةَ وَتَابِعَهُ عَلَى الْمَذْهَبِ مُحَافَظَةً عَلَى الْمُتَابَعَةِ فَإِذَا سَلَّمَ اْلإِمَامُ تَدَارَكَ الْمَأْمُوْمُ بَاقِيَ الصَّلاَةِ بِتَكْبِيْرَاتِهَا وَأَذْكَارِهَا اهـ

Posting Komentar untuk "Tertinggal Takbir Dalam Shalat Jenazah"