Merenovasi Makam Yang Sudah Lama


Menurut bahasa jawa “Mendem jero mikul duwur” adalah diantara bentuk rasa bakti seorang anak kepada kedua orang tuanya yang sudah meninggal dunia. Sehingga sang anak tidak rela, jika melihat kuburan orang tuanya dalam keadaan rusak karena dimakan masa. Bolehkah memperbarui atau membangun kuburan yang sudah rusak?
Jawab: Tidak boleh, bahkan wajib membiarkan bila di pemakaman umum, karena dikhawatirkan dianggap kuburan baru, sehingga mencegah orang lain di makamkan di tempat tersebut.
Referensi:                              

&المجموع الجزء 5 صحـ : 247 مكتبة مطبعة المنيرية
قَالَ الْقَاضِيْ حُسَيْنٌ وَالْبَغَوِيُّ وَالْمُتَوَلِّيُّ وَسَائِرُ اْلأَصْحَابِ رَحِمَهُمُ اللهِ وَلاَ يَجُوْزُ بَعْدَ الْبِلَى أَنْ يُسَوَّى عَلَيْهِ التُّرَابُ وَيُعَمَّرُ عِمَارَةَ قَبْرٍ جَدِيدٍ إنْ كَانَ فِي مَقْبَرَةٍ مُسَبَّلَةٍ ِلأَنَّهُ يُوْهِمُ النَّاسَ أَنَّهُ جَدِيْدٌ فَيَمْتَنِعُوْنَ مِنَ الدَّفْنِ فِيْهِ بَلْ يَجِبُ تَرْكُهُ خَرَابًا لِيُدْفَنَ فِيهِ مَنْ أَرَادَ الدَّفْنَ قَالَ الْمُصَنِّفُ وَاْلأَصْحَابُ رحمهم الله وَالرُّجُوْعُ فِي مُدَّةِ الْبِلَى إلَى أَهْلِ الْخُبْرَةِ بِتِلْكَ النَّاحِيَةِ وَالْمَقْبَرَةِ  اهـ

Posting Komentar untuk "Merenovasi Makam Yang Sudah Lama "