Qodlo' Shalat Yang Tidak Diketahui Jumlahnya


PERTANYAAN :
Assalamualaikum ustad. Maaf mengganggu waktunya, saya mau nanya gimana cara bertaubat dan memperbaiki diri kalau sebelum-sebelumnya pernah meninggalkan shalat, dan lupa shalat apa yang ditinggilkan, gimana cara mengganti sholat tersebut? Mohon pencerahannya ustad๐Ÿ™๐Ÿป

JAWABAN :
Wa'alaikumus salam wr wb

Cara mengqadha' shalat yang tidak diketahui jumlahnya terjadi perbedaan pendapat diantara para ulama' :

Menurut Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah yaitu dengan mengqadha' sejumlah shalat hingga ia yakin telah terbebas dari semua shalat yang pernah ia tinggalkan.

Menurut Hanafiyyah tidak perlu yakin asal ia telah punya dugaan bahwa sholat yang pernah ia tinggalkan telah ia qadha’ maka sudah cukup.

ุงู„ูู‚ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุงู‡ุจ ุงู„ุงุฑุจุนุฉ ูก / ูงูฆูฃ
ู…ู† ุนู„ูŠู‡ ููˆุงุฆุช ู„ุง ูŠุฏุฑูŠ ุนุฏุฏู‡ุง ูŠุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ุฃู† ูŠู‚ุถูŠ ุญุชู‰ ูŠุชูŠู‚ู† ุจุฑุงุกุฉ ุฐู…ุชู‡ ุนู†ุฏ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ ูˆุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู…ุงู„ูƒูŠุฉ ูˆุงู„ุญู†ููŠุฉ : ูŠูƒููŠ ุฃู† ูŠุบู„ุจ ุนู„ู‰ ุธู†ู‡ ุจุฑุงุกุฉ ุฐู…ุชู‡

ุงู„ู…ูˆุณูˆุนุฉ ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ ุงู„ูƒูˆูŠุชูŠุฉ ูกูฆ / ูขูค
ุฐَู‡َุจَ ุฌُู…ْู‡ُูˆุฑُ ุงู„ْูُู‚َู‡َุงุกِ ุฅِู„َู‰ ุฃَู†َّ ู…َู†ْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูَูˆَุงุฆِุชُ ู„ุงَ ูŠَุฏْุฑِูŠ ุนَุฏَุฏَู‡َุง ูˆَุชَุฑَูƒَู‡َุง ู„ِุนُุฐْุฑٍ ูˆَุฌَุจَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุฃَู†ْ ูŠَู‚ْุถِูŠَ ุญَุชَّู‰ ูŠَุชَูŠَู‚َّู†َ ุจَุฑَุงุกَุฉَ ุฐِู…َّุชِู‡ِ ู…ِู†َ ุงู„ْูُุฑُูˆุถِ . ูˆَุฐَู‡َุจَ ุงู„ْุญَู†َูِูŠَّุฉُ ุฅِู„َู‰ ุฃَู†َّู‡ُ ูŠَุนْู…َู„ ุจِุฃَูƒْุจَุฑِ ุฑَุฃْูŠِู‡ِ ، ูَุฅِู†ْ ู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ู„َู‡ُ ุฑَุฃْูŠٌ ูŠَู‚ْุถِูŠ ุญَุชَّู‰ ูŠَุชَูŠَู‚َّู†َ ุฃَู†َّู‡ُ ู„َู…ْ ูŠَุจْู‚َ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุดَูŠْุกٌ (1)
(1) ุงู„ุทุญุทุงูˆูŠ ุนู„ู‰ ู…ุฑุงู‚ูŠ ุงู„ูู„ุงุญ ุต 243 ، ูˆุงู„ู‚ูˆุงู†ูŠู† ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ ุต 50 ، ูˆู…ุบู†ูŠ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ 1 / 127 ، ูˆูƒุดุงู ุงู„ู‚ู†ุงุน 1 / 261 .


ุงู„ูู‚ู‡ ุงู„ุงุณู„ุงู…ูŠ ูข / ูฃูกูฃ
ูˆู‚ุงู„ ุงู„ู…ุงู„ูƒูŠุฉ ูˆุงู„ุดุงูุนูŠุฉ ูˆุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ (3) : ูŠุฌุจ ุนู„ูŠู‡ ุฃู† ูŠู‚ุถูŠ ุญุชู‰ ูŠุชูŠู‚ู† ุจุฑุงุกุฉ ุฐู…ุชู‡ ู…ู† ุงู„ูุฑูˆุถ
(3) ุงู„ู‚ูˆุงู†ูŠู† ุงู„ูู‚ู‡ูŠุฉ: ุต 72، ู…ุบู†ูŠ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ: 1 / 127، ูƒุดุงู ุงู„ู‚ู†ุงุน: 1 / 305.

Cara mengqodho'nya sesuai keterangan di atas :

1. Mengqadha sholat yang ia yakin ia tinggalkan. 

2. Mengqadha dengan sejumlah shalat hingga ia yakin telah terbebas dari semua shalat yang pernah ia tinggalkan. Setlrta wajib baginya menggunakan semua waktunya untuk qadha kecuali di waktu-waktu yang ia juga berkewajiban menuanaikan tanggungannya seperti mencari nafkah, hal itu bila sholat yang ia tinggalkan bukan karena udzur.

Waktunya qodho kapan...? Apakah qobla au ba'da sholat fardhu,...? Sunah QABLA sholat fardhu ( yang ditunaikan dalam waktunya ) bila memenuhi ketentuan dibawah ini :

Sedangkan kesunnahan waktunya qodlo' adalah mengurutkan sesuai urutan waktu sholat dan mendahulukannya daripada shalat yang hadhir (shalat yang mempunyai waktu) jika tidak ada kehawatiran habisnya waktu sebelum melakukan shalat hadhir tersebut. 

ูˆู‚ุงู„ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ (1) : ูŠุณู† ุชุฑุชูŠุจ ุงู„ูุงุฆุช، ูˆุชู‚ุฏูŠู…ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ุญุงุถุฑุฉ ุงู„ุชูŠ ู„ุง ูŠุฎุงู ููˆุช ูˆู‚ุชู‡ุง، ุนู…ู„ุงً ุจูุนู„ ุงู„ู†ุจูŠ ุตู„ّู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ูŠูˆู… ุงู„ุฎู†ุฏู‚، ูˆุฎุฑูˆุฌุงً ู…ู† ุฎู„ุงู ู…ู† ุฃูˆุฌุจู‡، ูุชุฑุชูŠุจ ุงู„ูุงุฆุชุฉ ูˆุชู‚ุฏูŠู…ู‡ุง ุนู„ู‰ .ุงู„ุญุงุถุฑุฉ ู…ุดุฑูˆุท ุจุดุฑุทูŠู†: ุงู„ุฃูˆู„ ู€ ุฃู„ุง ูŠุฎุดู‰ ููˆุงุช ุงู„ุญุงุถุฑุฉ، ุจุนุฏู… ุฅุฏุฑุงูƒ ุฑูƒุนุฉ ู…ู†ู‡ุง ููŠ ุงู„ูˆู‚ุช. ุงู„ุซุงู†ูŠ ู€ ุฃู† ูŠูƒูˆู† ู…ุชุฐูƒุฑุงً ู„ู„ููˆุงุฆุช ู‚ุจู„ ุงู„ุดุฑูˆุน ููŠ ุงู„ุญุงุถุฑุฉ.
(1) ู…ุบู†ูŠ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ: 1 / 127 ูˆู…ุง ุจุนุฏู‡ุง، ุงู„ู…ู‡ุฐุจ: 1 / 54.

Ulama' kalangangan Syafiiyyah berkata “meruntutkan sholat yang telah lewat (yang wajib diqadha) hukumnya sunat (diurutkan seperti shubuh, dhuhur, ashar, magrib dan isyak) sunat juga mendahulukan sholat yang telah lewat atas sholat yang hadhir (shalat dimasa sekarang) yang tidak dikhawatirkan terjadi keluar waktunya karena mengikuti perbuatan nabi Muhammad saat perang khondaq dan agar keluar dari perbedaaan ulama yang mewajibkannya.
Mengurutkan shalat yang diqadha' dan mendahulukannya pada sholat yang hadir bila memenuhi dua syarat :
1. Tidak dikhawatirkan terjadi keluar waktunya hingga tidak bisa menemukan satu rokaat sholat dalam waktunya
2. Ingat terhadap shalat yang ditinggalkan sebelum melakukan shalat hadlir (shalat shohibatul waqti) 

Wallahu A'lamu Bis Showab


Posting Komentar untuk "Qodlo' Shalat Yang Tidak Diketahui Jumlahnya"