Kerja Shift tidak bisa melakukan jum'atan


Pertanyaan :
Mohon penjelasan dan hukumnya pekerja shift ( pagi, siang, malam ) yang dalam kerjanya tidak bisa digunakan untuk melakukan sholat jum'at?

Jawaban :
Sebagai pengantar kami suguhkan

من ترك ثلاث جمع تهاونا بها طبع الله على قلبه
من ترك الجمعة ثلاث جمع متواليات فقد الإسلام وراء ظهره يعني بلا عذر شرعي
من ترك ثلاث جمعات من غير عذر كتب من المنافقين

Barang siapa meninggal shalat jum'at karena menggap remeh maka Allah menutup hatinya. Barang siapa meninggalkan 3x jum'atan berturut-turut dengan tanpa udzur maka maka status keislaman orang tetsebut sudah terbuang darinya. Dan barang siapa meninggalkan 3x jum'atan berturut-turut dengan tanpa udzur maka dia dicap/ ditulis sebagai golongan munafiqun

إعانة الطالبين ٢/٥٢
قال في المجموع يستحب لمن ترك الجمعة بلا عذر أن يتصدق بدينار أو نصفه لخبر أبي داود وغيره.

Orang yang meninggalkan shalat jum'at dengan tanpa adanya udzur maka disunahkan bersedekah sebanyak 1 dinar atau 1/2 dinar. :
Sesuai dengan pertanyaan, apakah peraturan perusahaan yang mewajibkan karyawan harus bekerja sehingga tidak bisa melaksanakan sholat jum'at dianggap udzur jum'at sehingga tidak dalam konteks di atas?
Maka jawabannya dalam hal ini terdapat pemilahan :
Termasuk udzur sholat jum'at bila gajinya dibutuhkan ketika itu, namun menurut pendapat sebagian ulama juga termasuk udzur sekalipun gaji tersebut dibutuhkan dalam masa-masa mendatang dan tidak bisa didapat dari sumber lain.
Refrensi:

البجيرمى على الخطيب 2/113 مانصه:
)وخوف على معصوم) من نفس او عضو او منفعة او مال ولو اختصاصا له ومثل الخوف على خبزه خوف عدم نبات بذره او ضعفه او اكل نحو جراد لو اشتغل بالجماعة كما لو خاف فوت تحصيل تملك مال احتاج اليه حالا والا فلا.

نهاية المحتاج 2/158-159 مانصه :
ولو خاف من حضورها فوات تحصيل تملك مال فالأوجه أنه إن احتاج اليه حالا كان عذرا وإلا فلا.

الشروانى 2/272 مانصه:
ويظهر فى تحصيل تملك مال انه عذر إن احتاج اليه حالا والا فلا (قوله وان احتاج اليه حالا) هل مثله ما لواحتاج اليه مآلا لكنه يعلم انه لو لم يحصله الآن لايمكنه تحصيله عند الاحتياج اليه محل التأمل. بصرى . وقد يقال هذا اولى بأن يعذر به مما يأتى من الاستيحاش بالتخلف عن الرفقة
.

Posting Komentar untuk "Kerja Shift tidak bisa melakukan jum'atan"