Peristiwa besar 10 Asyuro

Peristiwa-peristiwa besar yg terjadi pada hari 'asyura' atau tanggal 10 Muharam menurut kitab I'anatut Thalibin jilid 2.

بسم الله الرحمن الرحيم
)فائدة( عن ابى هريرة رضي الله عنه ، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ان الله عز وجل افترض على بنى اسرائيل صوم يوم فى السنة ، وهو يوم عاشوراء ، وهو اليوم العاشر من المحرم ، فصوموه ووسعوا على عيالكم فيه ، فانه من وسع على عياله واهله من ماله وسع فيه الله عليه سائلا سنته ، فصوموه فانه اليوم الذى تاب الله فيه على آدم فاصبح صفيا ، ورفع فيه ادريس مكانا عليا ، واخرج نوحا من السفينة ، ونجى ابراهيم من النار ، وانزل الله فيه التوراة على موسى ، واخرج فيه يوسف من السجن ، ورد فيه على يعقوب بصره ، وفيه كشف الضر عن ايوب ، وفيه اخرج يونس من بطن الحوت ، وفيه فلق البحر لبني اسرائيل ، وفيه غفر لداود ذنبه ، وفيه اعطى الله الملك لسليمان ، وفى هذا اليوم غفر لمحمد صلى الله عليه وسلم ، ما تقدم من ذنبه وما تئخر ، وهو اول يوم خلق الله فيه الدنيا ، واول يوم نزل فيه المطر من السماء يوم عا شوراء ، واول رحمة نزلت الى الارض يوم عاشوراء  . الحديث . (اعانة الطالبين الجزء الثانى ٣٠٢ 

Dari Abi Hurairah ra. Rasulullah saw. telah bersabda :
Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla telah mewajibkan kepada Bani Israil untuk berpuasa sehari dalam setahun, yaitu puasa 'asyura', dia adalah hari ke sepuluh pada bulan Muharam, maka berpuasalah kalian pada hari tersebut, dan luaskanlah atas kluarga kalian dalam hal nafkah pada hari tersebut, karna barang siapa yg meluaskan pada kluarganya dari hartanya, maka Allah akan meluaskan permintaan padanya pada tahun tersebut, maka berpuasalah kalian, karna sesungguhnya pada hari tersebut :

1. Allah Ta'ala telah menerima taubat Nabi Adam as. dan akhirnya Nabi Adam as. menjadi bersih.

2. Allah Ta'ala telah mengangkat Nabi Idris as. ke tempat yg tinggi (yaitu ke langit ke empat, pendapat lain ke surga dan Nabi Idris sampai sekarang masih hidup).

3. Allah Ta'ala telah mengeluarkan Nabi Nuh as. dari perahu. (ketika terjadi banjir topan selama enam bulan).

4. Allah Ta'ala telah menyelamatkan Nabi Ibrahim as. dari kobaran api. (ketika dibakar oleh Raja Namrudz).

5. Allah Ta'ala telah menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa as.

6. Allah Ta'ala telah mengeluarkan Nabi Yusuf as. dari penjara.

7. Allah Ta'ala telah mengembalikan penglihatan kepada Nabi Ya'kub as. ayah Nabi Yusuf. (Nabi Ya'kub as. menjadi buta karna kebanyakan menangis, menangisi nasib Nabi Yusuf as. yg dimakan binatang buas di hutan menurut cerita saudara-saudaranya).

8. Allah Ta'ala telah menyembuhkan penyakit Nabi Ayub as. (sakit selama tujuh tahun, sampai diasingkan oleh masyarakat, istri-istrinyanya pun minta cerai kecuali istri yg nernama Rohmah).

9. Allah Ta'ala telah mengeluarkan Nabi Yunus as. dari perut ikan Hiu.(selam tiga hari tiga malam berada di perut ikan).

10. Allah Ta'ala telah membelah lautan untuk kaum Bani Israil. (dengan tongkat Nabi Musa as. yg akhirnya Raja Firaun juga mati tenggelam bersama bala tentaranya).

11. Allah Ta'ala telah mengampuni kesalahan Nabi Daud as. (ingat para Nabi dan Rasu itu ma'sum).

12. Allah Ta'ala telah memberikan kerajaan kepada Nabi Sulaiman as. (waktu itu Nabi Sulaiman as. baru berusia 13 tahun, dan akhirnya Nabi Sulaiman as. menjadi manusia terkaya yg pernah ada di muka bumi ini).

13. Allah Ta'ala telah mengampuni kesalahan-kesalahan Nabi Muhammad saw. yg sudah terjadi maupun yg belum, itu pun klo ada. (ingat Rasulullah saw. dan para Rasul yg lain itu ma'sum artinya dijaga dari berbuat dosa).

14. Pada hari 'asyura' tersebut, adalah awal mula Allah Ta'ala menciptakan alam dunia ini.

15. Pada hari 'asyura' tersebut Allah Ta'ala telah menurunkan hujan dari langit untuk yg pertama kali.

16. Dan pada hari 'asyura' tersebut Allah Ta'ala juga telah menurunkan rahmat yg pertama ke muka bumi ini.

Menurut keterangan di atas, bahwa pada hari 'asyura' ini Allah Ta'ala telah menolong dan menyelamatkan kepada para Rasul dan Nabi-Nya dari berbagai macam masalah yg dihadapinya.
Atau dengan kata lain, bahwa pada hari 'asyura' ini adalah hari kemenangan bagi para kekasih Allah Ta'ala, karna itu kita dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah kita khususnya ibadah puasa sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangan terhadap para kekasih-Nya tersebut.

Smoga kita semua pada hari 'asyura' ini juga diberi oleh Allah Ta'ala berupa ampunan dari segala dosa, kesembuhan, pertolongan, kemenangan, keselamatan, keberhasilan, kesuksesan, ketenangan, dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin Allahumma Amin. (Kitab I'anatut Thalibin jilid 2, hal 302)

Posting Komentar untuk "Peristiwa besar 10 Asyuro"