Mengenal Kitab Jurumiyyah Bag 01

Yang pernah belajar di pesantren salaf (tradisional), pasti tak asing dengan kitab ini. Biasanya Jurumiyah dikenalkan pada santri-santri baru untuk memasuki dunia kitab kuning. Bagi sebagian orang, kitab ini punya sejarah tersendiri. Pantas saja bila di antara kitab yang diingat santri, ya kitab ini. O iya, bahkan ada yang hingga menghapalkan segala, lho. Jadi, gak hanya Alquran saja yang dihapal santri. Kitab Nahwu juga hapal. Nah, entah karena kitabnya yang tipis, sederhana bahasanya, atau karena pengarangnya yang ikhlas, Jurumiyah hingga kini terus dipelajari di pesantren, bahkan menjadi kitab wajib.
Setidaknya ada lima fakta kehebatan Jurumiyah yang akhirnya kita bisa paham kenapa kitab ini jadi buku wajid sepanjang masa di pesantren-pesantren, terutama pesantren tradisional. Berikut fakta-fakta itu:
1. Karya Orang Maroko
Kitab Jurumiyah judul aslinya Matn Al-Ājurūmiyah—selanjutnya disingkat dengan MA saja, ya. Kitab ini merupakan karya Al-Shanhaji (w. 1323), seorang ahli gramatika Arab asal Fez, Maroko
2. Sistematikanya Sederhana dan Praktis
MA berisi pembahasan seputar kaidah gramatika Arab tradisional. Kelebihan MA terletak pada kepraktisan dan kesederhanaan sistematika pembahasannya, sehingga sangat membantu orang yang baru mempelajari gramatika Arab. Tak heran bila MA merupakan karya yang paling terkenal di seluruh dunia Islam dalam bidang gramatika Arab. Ia sekaligus membuktikan adagium bahwa orang (juga karya) hebat itu orang (atau karya) yang bisa menyederhanakan sesuatu yang sulit. Karya ini telah menarik banyak ahli untuk mengulasnya dalam bentuk karya syarh, mutammimah (catatan tambahan), dan nazhm. Selain itu, karya ini merupakan karya gramatika Arab yang paling banyak diajarkan, dikaji, dan bahkan dihafalkan.
3. Naskah tentang Tata Bahasa Arab yang Paling Banyak Tersimpan di Perpustakaan Nasional Jakarta
Di antara naskah tentang gramatika Arab yang tersimpan di koleksi manuskrip Arab PNRI, Al-Ajurūmiyah merupakan koleksi naskah yang paling banyak tersimpan. Ada setidaknya 16 naskah yang berhubungan dengan judul tersebut (belum termasuk naskah salinannya) baik yang berupa matn (prosa), syarh (komentar), dan nazhm (syair), yang terdata pada Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid 4 (1998).
4. Paling Banyak Mendapat Perhatian Para Ahli Tata Bahasa Arab
Perhatian terhadap karya ini tidak hanya diberikan oleh para ahli gramatika Arab dari Timur Tengah, tetapi juga oleh para ahli gramatika Arab (ulama) nusantara. Perhatian ahli gramatika nusantara terlihat dari banyaknya syarh dan nazhm terhadap karya ini.
5 Terkait Jaringan Ulama
Popularitas MA di kalangan peminat gramatika Arab Nusantara, berhubungan dengan adanya jaringan transmisi intelektual para ulama nusantara dengan salah satu pensyarah terkemuka kitab itu, Sayyid Ahmad Zaini Dahlan. Beliau merupakan guru dari Syeikh Abdul Hamid Kudus, Syekh Nawawi Banten, K.H. Khalil Madura, dan Syeikh Saleh As-Samarani (Semarang). Menurut Dhofier (1990) dan Abdullah (2005), tiga nama yang disebut terakhir merupakan guru dari ulama pesantren besar di Nusantara, seperti K.H. Hasyim Asy’ari (pendiri Pesantren Tebuireng, Jombang, dan pengasas Nahdhatul Ulama). Juga guru dari K.H. Abdul Wahhab Hasbullah (pendiri Pesantren Tambakberas, Jombang); K.H. Bisri Syansuri (pendiri Pesantren Denanyar); K.H. Kholil Lasem (pendiri Pesantren Annur Lasem, Rembang), K.H. Ma’shum (pendiri Pesantren Al-Hidayah Lasem, Rembang). Di samping itu, beliau juga guru dari K.H. Bisri Mustofa (pendiri Pesantren Rembang); K.H. As’ad Syamsul Arifin (pengasuh Pesantren Asembagus, Situbondo). Beliau pun guru dari Syekh Mahfuzh Termas (pendiri Pesantren Pacitan); K.H. Ahmad Dahlan (pengasas organisasi Muhammadiyah); K.H. Idris (pengasas Pesantren Jamsaren, Solo); K.H. Sya’ban (ulama ahli falak di Semarang); dan K.H. Dalhar (pendiri Pesantren Watucongol, Magelang); dan lain-lain. Kuat dugaan melalui merekalah, MA (juga syarh, nazhm, dan mutammimah-nya) tersebar luas dan dikaji secara turun-temurun di nusantara, terutama di lingkungan pesantren. Selain karena ada hubungan jaringan intelektual, penyebab populernya naskah ini adalah adanya informasi bahwa naskah ini juga melalui proses sufistik di dalam penyelesaiannya (Al-Hamidi, tt).



Posting Komentar untuk "Mengenal Kitab Jurumiyyah Bag 01"