Menggantikan Melempar Jumrahnya Orang Lain


Seseorang yang menggantikan haji orang lain (wakil), diharuskan sudah pernah berhaji untuk dirinya sendiri. Apakah orang yang menggantikan dalam melempar jumrah disyaratkan setelah selesai melempar jumrah untuk dirinya sendiri?
Jawab: Menurut pendapat yang kuat, harus terlebih dahulu menyelesaikan tiga jumrahnya sendiri secara keseluruhan. Sedangkan menurut pendapat yang lain, diperbolehkan melempar secara bergiliran, yakni satu jumrah untuk dirinya dan yang kedua untuk orang lain, dan begitu seterusnya.
Referensi:

&    ترشيح المستفدين صحـ : 186
وَاشْتِرَاطُ أَنَّهُ لاَ يَرْمِيْ عَنْ غَيْرِهِ إِلاَّبَعْدَ رَمْيِهِ عَنْ نَفْسِهِ الْجَمَرَاتُ الثَّلاَثُ هُوَ مُعْتَمَدُ التُّحْفَةِ وَغَيْرِهَا وَهُوَ أَحَدُ اْلاحْتِمَالَيْنِ لِلْمُهِمَّاتِ وَثَانِيْهِمَا أَنَّهُ لاَ يَتَوَقَّفُ عَلَى رَمْيِ الْجَمِيْعِ بَلْ لَوْ رَمَى الْجَمْرَةَ اْلأُوْلَى صَحَّ أَنْ يَرْمِيَ عَقَبَهُ عَنِ الْمُسْتَنِيْبِ قَبْلَ أَنْ يَرْمِيَ الْجُمْرَاتَيْنِ الْبَاقِتَيْنِ عَنْ نَفْسِهِ وَفِى عِبَارَتِهِ إِشَارَةٌ إِلَى تَرْجِيْحِ هَذَا الثَّانِى وَفِى الْخَادِمِ أَنَّهُ الظّاهر سم إهـ

Posting Komentar untuk "Menggantikan Melempar Jumrahnya Orang Lain "