Dampak Gerakan Makmum Bersamaan Dengan Imam


Nabi Saw. menjanjikan dalam Haditsnya “Bahwa pahala shalat jama’ah berlipat sampai 27 derajat”, namun hal itu tidak semudah membalikkan kedua tangan. Dalam artian, seseorang harus mengerti dengan hal-hal yang berkaitan dengan jama’ah, seperti tidak boleh bersamaaan atau bahkan mendahului gerakan imam. Akan tetapi, realita yang ada belum sesuai dengan harapan. Apakah gerakan dan bacaannya makmum yang bersamaan dengan imam dapat menghilangkan fadlilah jama’ahnya?
Jawab: Ya, dapat menghilangkan fadlilah jama’ah, apabila ada unsur kesengajaan. Bukan ketika terjadi tanpa unsur kesengajaan.
Referensi:

&بغية المسترشدين للسيد باعلوي الحضرمي صحـ : 119 مكتبة دار الفكر
( فَائِدَةٌ ) تُكْرَهُ مُقَارَنَةُ اْلإِمَامِ فِيْ أَفْعَالِ الصَّلاَةِ وَكَذَا أَقْوَالُهَا عَلَى الْمُعْتَمَدِ وَتَفُوْتُ بِهَا فَضِيْلَةُ الْجَمَاعَةِ فِيْمَا قَارَنَ فِيْهِ وَلَوْ فِي السِّرِّيَّةِ مَا لَمْ يَعْلَمْ مِنْ إِمَامِهِ أَنَّهُ إِنْ تَأَخَّرَ إِلَى فِرَاغِهِ لَمْ يُدْرِكِ الرُّكُوْعَ قَالَهُ ع ش وَتَوَقَّفَ الرَّشِيْدِيُّ فِي فَوَاتِ الْفَضِيْلَةِ بِالْمُقَارَنَةِ فِي اْلأَقْوَالِ وَمَحَلُّ كَرَاهَةِ الْمُقَارَنَةِ إِذَا قَصَدَهَا لاَ إِنْ وَقَعَ ذَلِكَ اتَّفَاقاً أَوْ جَهِلَ الْكَرَاهَةَ كَمَا قَالَهُ الشَّوْبَرِيُّ اهـ بجيرمي

Posting Komentar untuk "Dampak Gerakan Makmum Bersamaan Dengan Imam"