Belum Ada Makmumnya Sudah Niat Menjadi Imam


“Trisno jalaran songko kulino”, itulah pepatah jawa, begitu juga seseorang ketika sudah istiqamah  melakukan suatu ibadah seperti shalat jama’ah, ia akan merasakan kenikmatan tersendiri, sehingga sulit baginya untuk meninggalkan kebiasan tersebut. Sebut saja mas Siroj yang selalu menjadi imam dikala berjamaah. Pada susatu saat, ketika teman-temannya tidak ada semua, ia terpaksa shalat sendirian. Kendati demikian, ia tetap berniat menjadi imam walaupun belum ada makmumnya, karena ia yakin di tengah-tengah shalatnya nanti pasti akan ada orang yang bermakmum kepadanya. Sahkah shalatnya mas Siroj dalam kasus di atas?
Jawab: Shalatnya sah, jika yakin dan berharap ada orang yang akan bermakmum, walaupun kenyataannya tidak ada orang yang berjama’ah dengannya. Namun jika yakin tidak akan ada yang bermakmum, shalatnya tidak sah.
Referensi:

&حاشية البجيرمي على الخطيب الجزء 2 صحـ : 132 مكتبة دار الفكر
وَقَوْلُهُ ( دُونَ اْلإِمَامِ ) أَشَارَ بِهِ إلَى أَنَّ نِيَّةَ اْلإِمَامِ اْلإِمَامَةَ لاَ تُشْتَرَطُ فِي غَيْرِ الْجُمُعَةِ بَلْ تُسْتَحَبُّ لِيَحُوزَ فَضِيلَةَ الْجَمَاعَةِ فَإِنْ لَمْ يَنْوِ لَمْ تَحْصُلْ لَهُ إذْ لَيْسَ لِلْمَرْءِ مِنْ عَمَلِهِ إلاَ مَا نَوَى وَتَصِحُّ نِيَّتُهُ لَهَا مَعَ تَحَرُّمِهِ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ إمَامًا فِي الْحَالِ ِلأَنَّهُ سَيَصِيرُ إمَامًا وِفَاقًا لِلْجُوَيْنِيِّ وَخِلاَفًا لِلْعُمْرَانِيِّ فِي عَدَمِ الصِّحَّةِ حِينَئِذٍ وَإِذَا نَوَى فِي أَثْنَاءِ الصَّلاَةِ حَازَ الْفَضِيلَةَ مِنْ حِيْنِ النِّيَّةِ قَوْلُهُ ( سَيَصِيرُ إمَامًا ) قَدْ يَقْتَضِي أَنَّ الْفَرْضَ فِيمَنْ يَرْجُو جَمَاعَةً يُحْرِّمُونَ خَلْفَهُ أَمَّا غَيْرُهُ فَالظَّاهِرُ الْبُطْلاَنُ فَلْيُحَرَّرْ قَالَ الزَّرْكَشِيّ بَلْ يَنْبَغِي نِيَّةُ اْلإِمَامَةِ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ خَلْفَهُ أَحَدٌ إذَا وَثِقَ بِالْجَمَاعَةِ وَأَقَرَّهُ فِي اْلإِيعَابِ ا هـ شَوْبَرِيٌّ وَإِذَا نَوَى اْلإِمَامَةَ وَالْحَالَةُ هَذِهِ وَلَمْ يَأْتِ خَلْفَهُ أَحَدٌ فَصَلاَتُهُ صَحِيحَةٌ اهـ سم

Posting Komentar untuk "Belum Ada Makmumnya Sudah Niat Menjadi Imam"