Pengajian Kitab Taajul Arus 04 Oleh KH Abdul Hannan Ma'shum


Kitab Taajul Arus merupakan salah satu kitab karya Ibnu ‘Athaillah yang mengajak pembaca untuk bangkit dari ketidaksadaran dan mulai menapak jalan menuju Tuhan. Petuah-petuahnya menginspirasi betapa kita perlu terus mendekatkan diri kepada Allah. Kita dilatih untuk mewaspadai tipuan-tipuan duniawi. Apa saja yang mengotori hati dan menghalangi bersemayamnya cahaya Ilahi, dan bagaimana agar kita sanggup membersihkannya kembali. Agar kita tak jadi pecundang hawa nafsu, tapi pemenang dalam hidup yang berliku. Agar segala ibadah yang kita jalani tak lagi membebani, tapi menenangkan dan menyenangkan.
Kali ini kami memposting kajian kitab Taajul Arus dari KH Abdul Hannan Ma'shum yang merupakan pengasuh pondok pesantren Fathul Ulum Kwagean Kediri. Beliau Berbudi luhur, tawadlu’ dan ketekunan beliau sudah terlihat sejak kecil, bahkan kalau bicara dengan orang lain beliau selalu menggunakan bahasa halus (Kromo Inggil). Sehingga orang yang bertemu langsung mengenal bahwa ini adalah Hanan Putra bapak Ma’sum. Masa kecil beliau tidak seperti anak kecil lainnya yang hanya suka bermain, akan tetapi lebih suka membantu orang tua dengan menggembala kambing, merumput, memelihara hewan peliharaan, seperti: itik, ayam dan lain-lain, walaupun demikian beliau juga suka mencari burung. Pada umur sekitar 12 tahun beliau melangkahkan kaki ke-PP. Roudlotul ‘Ulum Kencong (sebelah timur Kwagean) yang diasuh oleh KH. Ahmadi dan KH. Zamroji Syaerozi. Di pesantren inilah beliau banyak menimba ilmu kurang lebih 15 tahun. Sosok kyai yang sederhana, santun, berwawasan luas serta berwibawa.

Rasanya sangat pas sekali jika dalam kajian kitab Taajul Arus ini dibaca oleh beliau, dengan gaya khas ngaji beliau yang diiringi dengan senda gurau tidak membuat santri menjadi jenuh. Suasana akan menjadi fresh kembali jika ada selingan keterangan, gurauan atau bahkan lantunan syair dari beliau dan yang membuat suasana menjadi segar itu adalah syair yang beliau ungkapkan adalah syair refleks yang tanpa dibuat dan dirancang sebelumnya.
Semoga kajian kitab Taajul Arus bagian ke empat ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Silahkan simak video lengkapnya di sini
Download Kitab Taajul Arus Versi PDF di sini


Posting Komentar untuk "Pengajian Kitab Taajul Arus 04 Oleh KH Abdul Hannan Ma'shum"