Memegang Tafsir Dan Tulisan Al-Qur’an Latin


Diantara karia yang sangat populer yang pernah ditorehkan oleh al-Imam as-Suyuthy dalam bidang tafsir adalah kitab Tafsir al-Jalâlain, dalam karangannya ini, beliau mencoba memberikan sebuah penafsiran pada ayat-ayat al-Qur’an secara singkat, padat, tidak berbelit-belit dan mudah memahami kandungan firman Allah. Dan sampai ayat-ayat al-Qur’an dan tafsirannya selesihnya tidak terpaut jauh.


Pertanyaan:
a.     Apakah Tafsir al-Jalâlain termasuk tafsir yang hurufnya lebih banyak dari huruf al-Qur’an?
b.    Apakah al-Qur’an yang ditulis dengan selain bahasa arab hukumnya sama dengan al-Qur’an yang ditulis dengan berbahasa Arab?
Jawab:
a.     Ya, namun sebaiknya bersuci dahulu sebelum menyentuh atau membawanya, karena hurufnya hanya selisih dua, sehingga dikhawatirkan ada kesalahan cetak.
Referensi:

&إعانة الطالبين الجزء 1 صحـ : 82  مكتبة دار الفكر
وَفِيْ حَاشِيَةِ الْكُرْدِيِّ مَا نَصُّهُ رَأَيْتُ فِيْ فَتَاوَى الْجَمَالِ الْرَمْلِيِّ أَنَّهُ سُئِلَ عَنْ تَفْسِيْرِ الْجَلاَلَيْنِ هَلْ هُوَ مُسَاوٍ لِلْقُرْآنِ أَوْ قُرْآنُهُ أَكْثَرُ فَأَجَابَ بِأَنَّ شَخْصًا مِنَ الْيَمَنِ تَتَبََّعَ حُرُوْفَ الْقُرْآنِ وَالتَّفْسِيْرِ وَعَدَّهُمَا فَوَجَدَهُمَا عَلَى السَّوَاءِ إِلَى سُوْرَةِ كَذَا وَمِنْ أَوَاخِرِ الْقُرْآنِ فَوَجَدَ التَّفْسِيْرَ أَكْثَرَ حُرُوْفًا فَعُلِمَ أَنَّهُ يَحِلُّ حَمْلُهُ مَعَ الْحَدَثِ عَلَى هَذَا اهـ وَقَالَ بَعْضُهُمْ الْوَرَعُ عَدَمُ حَمْلِ تَفْسِيْرِ الْجَلاَلَيْنِ لِأَنَّهُ وَإِنْ كَانَ زَائِدًا بٍِحَرْفَيْنِ رُبَّمَا غَفَلَ الْكَاتِبُ عَنْ كِتَابَةِ حَرْفَيْنِ أَوْ أَكْثَرَ اهـ

b.    Tulisan al-Qur’an dengan selain bahasa Arab hukumnya sama dengan yang berbahasa Arab.
Referensi:

&حاشيتا قليوبي وعميرة الجزء 1 صحـ : 53 مكتبة دار الكتب العلمية
وَيَجُوزُ كِتَابَتُهُ لَا قِرَاءَتُهُ بِغَيْرِ الْعَرَبِيَّةِ وَلَهَا حُكْمُ الْمُصْحَفِ فِي الْمَسِّ وَالْحَمْلِ اهـ


Posting Komentar untuk "Memegang Tafsir Dan Tulisan Al-Qur’an Latin"