Doa Bahasa Jawa Yang Ampuh

doa bahasa jawa dari kyai,dungo jowo,doa bahasa jawa,doa jawa,doa para wali bahasa jawa,

Dalam kesempatan kali ini Admin akan membagikan do’a bahasa jawa kuno dari kyai yang tentunya sangat ampuh dan mujarab dikarenakan doa ini mempunyai sanad yang bersambung sampai ke Nabi Khidir Alaihis Salam.

 

Kita jangan ragu atau bahkan menyepelelekan Doa Jawa kuno ini, karena doa bahasa jawa kuno berasal dari Nabi Khidir Alaihis Salam yang diberikan Allah SWT kepada Waliyulloh Mbah Kyai Dalhar bin Abdurrahman Watucongol Magelang dan KH. Abdul Qoyyum Lasem Rembang.

 

Syair Doa dengan bahasa Jawa kromo inggil yang ampuh bahasa jawa dari para ulama nusantara ini sering dimunajatkan oleh KH. A. Mahin Thoha, Lirboyo yang diterima dari KH. A. Chalwani Nawawi, Berjan Purworejo yang diterima dari Mbah Kyai Dalhar bin Abdurrahman Watucongol.

 

Tentang doa-doa berbahasa Jawa, al-Maghfurlah Romo KH. Idris Marzuki, Lirboyo, pernah dawuh:

“Koe ki nek nompo dungo-dungo Jowo seko kyai sing mantep. Kae kiai-kiai ora ngarang dewe. Kyai-kyai kae nompo dungo-dungo Jowo seko wali-wali jaman mbiyen. Wali ora ngarang dewe kok. Wali nompo ijazah dungo Jowo seko Nabi Khidir. Nabi Khidir yen ketemu wali Jowo ngijazaji dungo nganggo boso Jowo. Ketemu wali Meduro nganggo boso Meduro.”

 

(Kamu jika mendapat doa-doa yang berbahasa Jawa dari kyai yang mantap, jangan ragu. Kiai-kiai itu tidak mengarang sendiri. Mereka mendapat doa Jawa dari wali-wali jaman dahulu. Wali itu mendapat ijazah doa dari Nabi Khidir. Nabi Khidir jika bertemu wali Jawa memberi ijazah doa memakai bahasa Jawa. Jika bertemu wali Madura menggunakan bahasa Madura).

 

Berikut lafadz doa bahasa jawa dari Kyai-Kyai yang masyhur :

 

1.     KH. Dalhar bin Abdurrahman Watucongol

KH. Dalhar bin Abdurrahman Watucongol Magelang mempunyai doa agar tekun bekerja dan diberi kelapangan rizki dengan lafadz sebagai berikut : “Allahumma Ubat-Ubet, Biso Nyandang Biso Ngliwet. Allahumma Ubat-Ubet, Mugo-Mugo Pinaringan Slamet. Allahumma Kitra-Kitri, Sugih Bebek Sugih Meri. Allahumma Kitra-Kitri, Sugih Sapi Sugih Pari.”

 

Redaksi doa ini memberikan maksud bahwa kita meminta kepada Allah SWT agar diberikan kemampuan dan sugih harta sehinga bisa beli pakaian dan memasak makanan, sekaligus kita dijadikan orang yang punya banyak ternak bebek, sapi, dan kaya hasil sawah ladang. Teks doa tersebut tidak terlepas dari kondisi zaman dahulu yang kekayaan bisa diukur dari banyaknya simpanan ternak dan padi. Sang Kyai memotivasi para santri untuk menjadi orang kaya sehingga ibadah dan dakwah bisa berjalan seiring dan seimbang

 

2.     KH. Abdul Qoyyum Lasem Rembang

KH. Abdul Qoyyum Lasem Rembang mempunya doa yang beasal dari Nabi Khidir Alaihis Salam dengan teks sebagai berikut : Yaa Alloh Walik Grembyang Inna Ma'al Usri Yusro Ono Angel Ono Gampang, Yaa Alloh Cospleng Cospleng Cospleng Yaa Rohman Yaa Rohim.

 

Maksud doa tersebut agar kita selalu diberi kemudahan dalam mengatasi problematika kehidupan, dan semoga Allah memberika kekuatan kepada kita dalam menjalani taqdir yang Dia timpakan sebagai bentuk dari ujian kepada para hambaNya.

 

Sekali lagi dalam memohon dan berdoa kepada Allah kita harus mantab dan yaqin akan terkabulnya doa yang kita panjatkan, sesuai dengan firmannya :

ادعوني أستجب لكم

 

Berdoalah kalian kepadaKu niscaya Aku akan mengabulkan doa kalian

 

Berdoa dengan memakai bahasa jawa tentu akan lebih mantab karena selain kita faham betul dengan apa yang kita ucapkan, mengetahui maknanya serta ternyata doa tersebut juga mempunyai sanad kepada Nabi Khidir Alaihis Salam. Semoga Allah meridloi semua yang kita lakukan dan memasukkan kita kedalam golongan Ulama’ salaf yang sholih, serta dengan rahmatNya pula semoga kita dimasukkan dalam surgaNya. Allahumma Aamiin.

Baca Juga

100 Ilmu Hikmah lainnya Klik Disini


2 komentar untuk "Doa Bahasa Jawa Yang Ampuh"