Cara Memanggil Non Muslim Sesuai Tuntunan Al-qur'an


Termasuk salah satu dari pangejawentahan ayat Al qur'an ; 
وجادلهم بالتي هي أحسن

Adalah tidak memanggil orang kafir dengan panggilan "Hai kafir" walaupun kita yakin dengan kekafirannya.

Syaikh Yusuf Al qordlowi menuturkan dua alasannya :
1. Kalimat kuffar memiliki beberapa makna ; Ingkar kepada Allah, Ingkar kepada Rosulullah, atau ingkar kepada hari akhir 
Jika kita sedang bebicara dengan orang kafir tentunya dengan memanggil orang kafir dengan panggilan "hai kafir" tidak menghendaki semua makna tersebut, namun dengan satu tujuan yakni pengingkaran terhadap terutusnya Nabi Muhammad. Begitu pula sebaliknya, orang kafir pun juga bisa saja mnyematkan panggilan "Hai kafir" kepada kita karena kita juga mengingkari terhadap agama yang mereka yakini.

2. Al -qur'an secara tegas mengajarkan kepada kita untuk tidak memanggil manusia dengan kata-kata "kafir" walaupun mereka benar-benar kafir.
Al-qur'an memanggil Non Muslim adakalanya dengan panggilan "yaa ayyuhan naas", "yaa banii adam", "yaa ibaadii" atau "yaa ahlal kitaab". Di dalam Alqur'an tidak pernah memanggil dengan kata "Wahai orang kafir" kecuali pada dua tempat, yakni ;
Pertama panggilan Allah pada orang kafir besok di hari kiamat :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ كَفَرُوا لا تَعْتَذِرُوا الْيَوْمَ إِنَّمَا تُجْزَوْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ (التحريم: 7)

Kedua ;
قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ.لا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ. وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ.وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ.وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ.لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ (الكافرون: 1-6)
Namun konten ayat ini diturunkan karena orang-orang musyrik penyembah berhala menyamakan dan mengajak Nabi untuk meyembah berhala mereka dalam setahun lantas mereka menyembah Allah dalam setahun. Dengan sebab inilah Allah menurunkan surat tersebut dengan tujuan untuk memutus permasalahan yang terjadi dan mengalahkan hujjah kaum musyrikin, karena memang Al qur'an selain meruapakan mukjizat juga mengandung sastra yang tinggi dengan gaya bahasa yang indah.

Dengan dua alasan inilah ulama' salaf sholih memanggil orang yang tidak seakidah dengan kita dengan panggilan Non Muslim / غير المسلمين

منهج الخطاب الديني
يوسف القرضاوي

غير المسلمين بدل "الكفار"
ومن الجدال بالتي هي أحسن، المطالب به المسلمون، وخصوصا في عصر العولمة: ألا نخاطب المخالفين لنا باسم الكفار، وإن كنا نعتقد كفرهم. ولاسيما مخالفونا من أهل الكتاب.
وذلك لأمرين:
أولهما: إن كلمة (كفار) لها عدة معان، بعضها غير مراد لنا يقينا، من هذه المعاني: الجحود بالله تعالى وبرسله وبالدار الآخرة، كما هو شأن الماديين الذين لا يؤمنون بأي شيء وراء الحس، فلا يؤمنون بإله ولا بنبوة ولا بآخرة.
ونحن إذا تحدثنا عن أهل الكتاب لا نريد وصفهم بالكفر بهذا المعنى، إنما نقصد أنهم كفار برسالة محمد وبدينه. وهذا حق، كما أنهم يعتقدون أننا كفار بدينهم الذي هم عليه الآن وهذا حق أيضا.

والثاني: أن القرآن علمنا ألا نخاطب الناس - وإن كانوا كفارًا - باسم الكفر؛ فخطاب الناس - غير المؤمنين - في القرآن، إما أن يكون بهذا النداء (يا أيها الناس) أو (يا بني آدم) أو (يا عبادي) أو (يا أهل الكتاب).

ولم يجئ في القرآن خطاب بعنوان الكفر إلا في آيتين: إحداهما خطاب لهم يوم القيامة: { يَا أَيُّهَا الَّذِينَ كَفَرُوا لا تَعْتَذِرُوا الْيَوْمَ إِنَّمَا تُجْزَوْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ} (التحريم: 7).
والأخرى قوله تعالى: { قُلْ يَا أَيُّهَا الْكَافِرُونَ.لا أَعْبُدُ مَا تَعْبُدُونَ. وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ.وَلا أَنَا عَابِدٌ مَا عَبَدْتُمْ.وَلا أَنْتُمْ عَابِدُونَ مَا أَعْبُدُ.لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ} (الكافرون: 1-6). فكان هذا خطابا للمشركين الوثنيين الذين كانوا يساومون الرسول الكريم على أن يعبد آلهتهم سنة ويعبدوا إلهه سنة، فأرادت قطع هذه المحاولات بأسلوب صارم، وبخطاب حاسم، لا يبقي مجالا لهذه المماحكات، فأمر الرسول أن يخاطبهم بهذه الصورة القوية، بما فيها من تكرار وتوكيد، ومع هذا ختمت السورة بهذه الآية التي تفتح بابا للسماحة مع الآخر، حين قالت: { لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ }.
ولهذا آثرت من قديم أن أعبر عن مخالفينا من أهل الأديان الأخرى بعبارة (غير المسلمين). وأصدرت من قديم كتابي "غير المسلمين في المجتمع الإسلامي". وقد طبع مرات ومرات، وترجم إلى عدة لغات.

Islam memang indah, selain mengatur masalah ubudiyyah tak lepas juga mengatur masalah sosial, sehingga tidak mustahil waktu itu nabi diberi gelar sebagai sosok orang yang berakhlaq / اخلاقه القران, 
dan hal tersebut tidak hanya diakui oleh kalangan Muslim saja namun juga kalangan Non Muslim, dan juga yang tidak bisa kita abaikan adalah misi Nabi dalam menyampaikan risalahnya adalah :
انما بعثت لاتمم مكارم الاخلاق

Maka sebagai seorang muslim maka dalam Ittiba'ur rosul harus kita maksimalkan, tidak hanya mengambil ayat atau hadits yang menguntungkan pribadi atau golongannya saja, lantas yang tidak menguntungkan dibuang. Berislam harus Kaffah sebagai bentuk pengimplementaian dari Islam Rohmatun Lil Alamiin.

Wallahu A'lam Bis Showaab

Pojok Alun-Alun Madiun ditemani secangkir Kopi NUsantara

Posting Komentar untuk "Cara Memanggil Non Muslim Sesuai Tuntunan Al-qur'an"