Hukum Shalat Jum'at Dengan Menjadikan Dua Gelombang

Pandemi yang melanda dunia saat ini benar-benar membuat aturan dan gaya hidup baru, urusan agam pun juga tak lepas dengan perubahan. salah satunya adalah masalah Shalat Jum'at yang dijadikan bergelombang atau bergantian.

shlat jumat berulang pdf, sholat jumat berulang, memakai pakaian putih mencukur kumis memakai wangi wangian merupakan, mengapa laki laki diwajibkan salat jumat, pendapat yang benar tentang salat jumat adalah, allah memerintahkan kepada kita untuk melaksanakan salat jumat dan meninggalkan, dalil yang menunjukkan bahwa salat jumat itu wajib adalah, kesimpulan tentang sholat jumat, ketika berlangsung salat jumat kita dapat menuntut ilmu yaitu ketika, hikmah salat jumat, tata cara sholat jumat, syarat shalat jum'at, sholat jumat hari ini, sholat jumat, shalat jumat, shalat jum'at, sebutkan sunat-sunat shalat jumat, sebutkan sunat sunat shalat jumat, salat jumat, mengapa laki laki diwajibkan salat jumat,
Lantas bagaimana Hukum Shalat Jum'at Dengan Menjadikan Dua Gelombang atau bahkan lebih. silahkan simak ulasan berikut :

ما حكم تكرار صلاة الجمعة في مسجد و احد هل يجوز تعدد الجمعة في بلاد سويسرا نظرًا لضيق المكان في المسجد الواحد من أذان الجمعة حتى أذان العصرنظرًا لظروف المسلمين في تلك البلاد؟

Bolehkah dalam satu masjid shalat Jum'at dengan dua gelombang karena keterbatasan daya tampung tempat shalat Jum'at,seperti yang terjadi di di negara Swiss ?

 تجيب أمانة الفتوى بدار الإفتاء المصرية من المعلوم شرعًا أن المقصود من إقامة صلاة الجمعة إظهار شعار الاجتماع واتفاق الكلمة؛ ولذا اشترط جمهور العلماء لصحة صلاة الجمعة ألا يسبقها ولا يقارنها جمعة أخرى في بلدتها إلا إذا كبرت البلدة وعسر اجتماع الناس في مكان واحد فيجوز التعدد بحسب الحاجة

Fatwa Mesir ( Januari tgl 01-2016 ) menjelaskan : Dalam Syari'at tujuan melaksanakan shalat Jum'at adalah menampakkan syi'ar perkumpulan dan persatuan. Karena itu mayoritas Ulama' bersepakat bahwa termasuk sahnya sholat Jum'at yang lebih dari satu dalam satu desa, mensyaratkan takbiratul ihramnya tidak bersamaan atau tidak didahului sholat Jum'at yang lain, kecuali desa itu terlalu besar dan sulitnya berkumpul. Oleh karena itu dalam satu daerah boleh Shalat Jum'at dilaksanakan lebih dari satu sesuai dengan kebutuhan. 

وللشافعية في ذلك قولان أظهرهما وهو المعتمد أنه يجوز التعدد بحسب الحاجة وقيل لا يجوز التعدد ولو لحاجة وفَرَّعوا على ذلك مراعاةً لخلاف الأظهرأنه يستحب لمن صلى الجمعة مع التعدد بحسب الحاجة ولم يعلم أن جمعته سبقت غيرَهاأن يعيدها ظهرًااحتياطًا خروجًا من الخلاف.

على أن الحنفية يجيزون -على المعتمد عندهم أن تؤدى الجمعة في مِصر واحد بمواضع كثيرة حيث ذكر الإمام السرخسي أن هذا هو الصحيح من مذهب الإمام أبي حنيفة رحمه الله تعالى

Mendirikan shalat Jum'at lebih dari satu dalam satu daerah menurut pandangan madzhab Syafi'i ada dua pendapat :

 1) boleh sesuai adanya hajat

 2) tidak boleh walapun ada hajat 

Akan tetapi dalam madzhab Syafi'i bagi seorang yang shalat Jum'at dengan ta'ddud dianjurkan mengulangi dengan shalat dhuhur karena hati-hati dan keluar dari perbedaan.

Imam Zarkhosyi menyebut dalam madzhab Hanafi yang terkuat : shalat Jum'at boleh dilakukan di beberapa tempat dalam satu daerah.

فتحرر من ذلك ما يأتي: أن من شرط صحة صلاة الجمعة عند جمهور العلماء عدم سبقها أو مقارنتها بجمعة أخرى في نفس البلدة إلا لحاجة أنه يجوز تعدد الجمعة إذا كانت هناك حاجة لذلك؛ كضيق مكان أو عسر اجتماع أن هناك من العلماء من يجيز تعدد صلاة الجمعة في المِصر الواحد مطلقًا ولو لغير حاجةوذلك في المساجد التي يأذن ولي الأمر بإقامة صلاة الجمعة فيها.

Termasuk syarat sahnya shalat Jum'at lebih dari satu tempat dalam satu daerah adalah takbiratul ihramnya tidak didahului Jum'at yang lain atau tidak bersamaan. Adapun ta'ddud itu boleh kalau ada hajat seperti keterbatasan daya tampung tempat shalat Jum'at, atau sulitnya berkumpul 

 وقياسا على ما ذكر: فإنه يجوز إقامة الجمعة أكثر من مرة في مسجد واحد بمصلين مختلفين وبإمام مختلف نظرًا لضيق المكان ولعدم وجود مسجد آخر في هذه البلدة ولأن بعض المسلمين ليس أولى بصلاة الجمعة من غيره وأن الضرورات تبيح المحظورات والضرورة تقدر بقدرهاوعليه وفي واقعة السؤال فإنه يجوز تكرار الجمعة في المسجد الواحد في الوقت المحدد للجمعةوأن يكون التعدد بقدر الضرورة فقط ولا يتجاوزها نظرًا لحاجة المسلمين في تلك البلاد. والله سبحانه وتعالى أعلم

Di samakan dengan bolehnya pelaksanaan shalat Jum'at lebih dari satu dalam satu daerah karena sulitnya berkumpul, maka boleh melaksanakan shalat Jum'at dengan dua gelombang karena sulitnya berkumpul dan apabila di daerah itu tidak ada masjid lagi. Dengan dharurat, suatu yang haram menjadi Boleh. Dengan demikian Shalat Jum'at dilaksanakan dengan dua gelombang boleh saja dalam pertanyaan di atas (Negara Swiss)

 

Catatan : 

Tentang Shalat Jum'at dengan physical distancing menjadi dua Gelombang ada tiga pandangan :

 

1) MUI : Tidak Sah dengan alasan apapun sehingga Jika tidak bisa mengikuti shalat Jum'at maka diwajibkan untuk shalat dzuhur. ( Kamis 04 Jun 2020 )

 

2) BM Daring Ma’had Aly Salafiyah Syafi’iyah Situbondo : Tidak boleh kecuali dalam kondisi darurat dan pergantian antar gelombang tidak menimbulkan penumpukan massa yang justru bertentangan dengan physical distancing, dan Jam’ah dari masing masing gelombang tidak kurang dari 40 orang (dalam madzhab syafi’iy)

( Minggu, 7 Juni 2020 )

 

3) LBM PBNU: sebagian ulama membolehkan

dengan tetap mempertimbangkan jumlah jamaah (40 orang) dan kebutuhan untuk mengadakan.

dan sebagian yang lain menyatakan bahwa pelaksanaan shalat Jumat secara bergelombang pada satu tempat bukan solusi ketika ta’addudul Jumat tidak mungkin dilakukan di tempat lain. Mereka mempersilakan jamaah yang tidak mendapat kesempatan melaksanakan ibadah Jumat untuk mengerjakan Shalat Dhuhur di rumah masing-masing.


 HALAMAN
1 2 

Posting Komentar untuk "Hukum Shalat Jum'at Dengan Menjadikan Dua Gelombang"